Tips Menjaga Kesehatan Tulang Anak
Tanggal Posting : Sabtu, 27 November 2021 | 06:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 214 Kali
Tips Menjaga Kesehatan Tulang Anak
Kesehatan tulang anak sangat penting untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Menjaga kesehatan tulang anak sangat penting untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Selain itu, dengan memiliki tulang yang kuat, anak pun dapat bebas melakukan aktivitas yang ia sukai. Nah, agar kesehatan tulang Si Kecil selalu terjaga, ada beberapa cara yang dapat Bunda lakukan.

Seiring bertambahnya usia, kepadatan dan kekuatan tulang akan berkurang. Selain itu, proses pembentukan tulang umumnya akan berhenti atau melambat di usia 20 tahun. Saat dewasa, pergantian tulang yang lama dengan yang baru tidak akan secepat ketika kanak-kanak.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tulang anak sejak dini sangatlah penting untuk mencegah anak mengalami kerapuhan atau gangguan tulang di kemudian hari.

Tulang memiliki peranan penting dalam menyokong dan menyusun kerangka tubuh, melindungi organ-organ penting, serta mendukung pergerakan tubuh. Karena fungsinya tersebut, kesehatan tulang perlu dijaga sedini mungkin.

Kesehatan dan pertumbuhan tulang anak juga penting untuk dijaga agar perawakannya tidak pendek (stunting). Untuk menjaga kesehatan tulang anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Berikan anak makanan yang tinggi kalsium

Kalsium adalah mineral yang sangat dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Selain itu, agar pertumbuhan tulangnya lebih optimal, Si Kecil juga membutuhkan asupan nutrisi lain, seperti protein, zinc, vitamin D, magnesium, fosfor, dan vitamin K.

Demi menjaga kesehatan tulang anak, Bunda dianjurkan untuk memberikannya makanan tinggi kalsium dan beragam nutrisi penting tersebut, seperti susu, keju, yogurt, kacang, biji-bijian, telur, ikan, daging, serta buah dan sayuran.

2. Biasakan anak untuk rutin berolahraga

Mengajarkan anak untuk rutin berolahraga atau bergerak aktif setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tulangnya, Bun. Sama halnya dengan otot, semakin sering tulang digunakan, tulang Si Kecil pun akan semakin kuat.

Beberapa jenis olahraga yang aman dan baik untuk anak antara lain bersepeda, berjalan kaki, berenang, berlari, melompat, atau senam.

3. Ajak anak berjemur setiap pagi

Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Agar Si Kecil mendapatkan manfaat vitamin ini, Bunda bisa mengajaknya berjemur bersama di pekarangan rumah sebelum jam 9 pagi.

Tidak perlu berlama-lama, berjemur beberapa menit atau sekitar 15 menit saja per hari sudah cukup, kok, Bun. Agar kulit Si Kecil terlindungi selama berjemur dan tidak terkena radiasi sinar UV yang dapat membahayakan kulitnya, Bunda bisa memakaikan tabir surya atau sunscreen dengan SPF minimal 30 pada kulitnya.

4. Batasi konsumsi minuman berkafein

Kafein adalah zat stimulan yang dapat merangsang kinerja dan aktivitas otak. Kandungan yang banyak terdapat kopi, cokelat, teh, dan minuman bersoda ini bisa membuat seseorang menjadi lebih waspada, tidak mengantuk, dan mengatasi rasa lelah.

Namun, konsumsi kafein berlebihan tidak baik untuk kesehatan tulang, Bun. Riset menyebutkan bahwa kafein dapat menghambat penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Jika penyerapan kalsium menjadi terhambat, kekuatan dan kepadatan tulang pun bisa berkurang.

Oleh karena itu, agar kesehatan tulang anak tetap terjaga, ada baiknya bila Bunda menghindari atau membatasi pemberian minuman berkafein kepada Si Kecil, ya.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan tulang anak yang bisa Bunda lakukan mulai hari ini. Selain menerapkan tips di atas, penting juga bagi Bunda untuk menjauhkan Si Kecil dari paparan asap rokok. Di samping bisa mengganggu saluran pernapasan, asap rokok juga bisa mengganggu pertumbuhan tulang anak.

Untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatan tulangnya baik, Bunda juga perlu rutin mengukur tinggi dan berat badan Si Kecil secara rutin. Jika Si Kecil terlihat lebih pendek daripada anak-anak lain yang seusianya, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksakan kondisi pertumbuhan dan kesehatan tulangnya. (Sumber Berita: https://www.alodokter.com/4-tips-menjaga-kesehatan-tulang-anak). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: