Ajarkan Anak Mengenal Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Rumah
Tanggal Posting : Senin, 13 September 2021 | 11:10
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 101 Kali
Ajarkan Anak Mengenal Manfaat Tanaman Herbal di Sekitar Rumah
Penerbit Leguty Media meluncurkan buku anak dengan judul "Ayo Mengenal Tanaman Herbal Bermanfaat".

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Pandemi COVID-19 telah memaksa pembentukan tren baru dalam berbagai aktivitas kehidupan masyarakat dunia. Tidak terkecuali di Indonesia.

Berbagai upaya dilakukan demi menekan angka penyebaran virus. Larangan menjauhi kerumunan, membatasi interaksi fisik, hingga aktivitas di rumah saja menjadi regulasi yang terus digaungkan oleh pemerintah.

Salah satu upaya penting dalam penanganan pandemi ini adalah peningkatan daya tahan tubuh melalui konsumsi rempah atau olahan herbal. Di era pandemi, minat masyarakat terhadap olahan herbal tradisional mengalami peningkatan. Pandemi menjadi momen yang pas dalam membangkitkan kembali derajat rempah di Indonesia.

Merespons hal tersebut, Penerbit Leguty Media meluncurkan buku anak dengan judul "Ayo Mengenal Tanaman Herbal Bermanfaat". Buku ini berangkat dari ide tentang pentingnya mengetahui manfaat tanaman herbal sebagai upaya peningkatan imun tubuh, khususnya di era pandemi ini.

Selain itu, penting juga mengenalkan berbagai manfaat tanaman herbal kepada anak. Terlebih Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah serta olahan herbal tradisional lainnya. Dengan begitu, diharapkan anak terdorong untuk tetap menjaga kelestarian tanaman herbal yang sudah menjadi sebuah identitas bangsa Indonesia.

Untuk lebih mengeksplor pengetahuan anak tentang manfaat tanaman herbal, Leguty Media juga mengadakan webinar dengan tema "Bincang Tanaman Herbal" yang digelar pada Minggu, 12 September 2021, pukul 10.00 hingga selesai.

Acara yang digelar melalui aplikasi telekonferensi Zoom Cloud Meeting ini menghadirkan sejumlah narasumber ahli, seperti Dosen Prodi Agribisnis Holtikultura, Polbangtan YOMA Ir. Rika Nalinda MP serta Pengusaha dan Petani Empon-empon Nur Fatimah. Hadir juga Penulis sekaligus Manajer Penerbit CV Leguty Media Sariningsih.

Dalam acara virtual tersebut, Sariningsih selaku Manajer Leguty Media menekankan tentang urgensi terbitnya buku "Ayo Mengenal Tanaman Herbal". Menurutnya, sangat penting untuk mengenalkan kepada anak tentang manfaat dari tanaman herbal.

"Anak perlu tahu tentang kekayaan yang dimiliki negaranya. Salah satunya adalah tanaman herbal. Dengan begitu, nantinya mereka akan mempunyai kesadaran untuk tetap menjaga kekayaan itu karena sudah tahu manfaat yang bisa mereka peroleh," ujarnya.

Senada dengan Sari, Dosen Prodi Agribisnis Holtikultura, Polbangtan YOMA Ir. Rika Nalinda menuturkan bahwa pandemi COVID-19 adalah konteks yang pas untuk mengeksplor tanaman herbal yang ada di sekitar rumah dan kebun untuk menjaga imunitas tubuh.

Rika juga mengapresiasi atas terbitnya buku anak “Ayo Mengenal Tanaman Herbal Bermanfaat”. Menurutnya, tanaman herbal yang ada di sekitar kita memiliki banya khasiat. "Semenjak pandemic, masyarakat sudah lebih peduli terhadap penggunaan bahan-bahan herbal alami, " ujarnya.

Berbeda dengan dua narasumber sebelumnya, Pengusaha dan Petani Empon-empon Nur Fatima memilih untuk memberikan tips olahan tanaman herbal dalam webinar tersebut. Ia membagikan resep membuat minuman tradisional bernama wedang uwuh.

“Di masa pandemi ini, masyarakat banyak mengonsumsi ramuan herbal tradisional untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu olahan tanaman herbal adalah wedang uwuh. Minuman ini merupakan ramuan tradisional dari Yogyakarta yang memanfaatkan 100% rempah alami. Bahan-bahannya ada ganggang cengkih, jahe, daun cengkih, daun kayu manis, daun pala, serutan secang, dan gula batu.” Ia juga menjerlaskan tata cara pembuatan wedang uwuh.

“Tata cara membuatnya cukup sederhana. Pertama, jahe dibakar kemudian memarkan. Rebus air ke dalam panci/ceret, kemudian masukkan jahe, ganggang cengkih, daun cengkih, daun kayu manis, daun pala, serutan secang, dan gula batu. Masak semua bahan tersebut sampai mendidih sekitar 15 menit. Angkat dan saring hasil rebusan. Namun, bisa juga tanpa disaring. Terakhir, tuang ke dalam gelas, hidangkan dalam kondisi hangat.”

Buku berjudul “Ayo Mengenal Tanaman Herbal Bermanfaat” menghadirkan cerita-cerita tentang ragam tanaman herbal asli Indonesia. Buku ini juga menguraikan manfaat dari tiap jenis tanaman herbal dengan bahasa dan sentuhan pengetahuan sains yang lugas, sederhana, dan asyik untuk dipahami anak-anak.

Hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bacaan untuk mengedukasi anak tentang manfaat dan cara merawat tanaman herbal asli Indonesia. Salam sehat untuk kita semua. (Sumber Berita: https://www.tribunnews.com/tribunners/2021/09/13/ajarkan-anak-mengenal-manfaat-tanaman-herbal-nusantara-di-sekitar-rumah?page=all). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: