Webinar Ramadhan PDHMI: Sehat dengan Produk OMAI
Tanggal Posting : Senin, 19 April 2021 | 10:30
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 410 Kali
Webinar Ramadhan PDHMI: Sehat dengan Produk OMAI
Dexa Medica melalui riset yang panjang berhasil mengembangkan Fitofarmaka yang bersifat imunomodulator dari ekstrak Meniran.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. PDHMI mengadakan webinar dengan tema "Aman dan Sehat Berpuasa di Masa Pandemi COVID-19 dengan OMAI," pada Minggu, 18 April 2021, dengan menampilkan tiga pembicara yang kompeten.

Mereka bertiga adalah:

  • dr.Resna Murti Wibowo, Sp.PD, FINASM, M.Kes., Pengurus Pusat PDHMI: Tips Meningkatkan Imunitas Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan Saat Pandemi COVID-19
  • dr. Lely Indriani Octovia, ML, M.Gizi, Sp.GK, RS Cipto Mangunkusumo: Pilihan Gizi Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan
  • dr. Dede Iskandar, S.Ked, Pengurus Pusat PDHMI: Berpuasa Mempertebal Keimanan dan Kesehatan Baik Fisik dan Mental.

Tampak hadir pada webinar ini, antara lain: Dr. dr. Slamet Sudi Santoso, M.Pd.Ked, Ketua Umum Pengurus Pusat PDHMI, dan  Ketua Pelaksana Webinar Ramadhan PDHMI, dr. Rianti Maharani, M.Si.

Dengan Moderator: dr. Tulus Satriasih, Sp.FK., webinar ini diminati banyak kalangan, dari dokter, mahasiswa hingga masyarakat umum. Selain dapat disimak melalui link Zoom juga dapat disimak melalui kanal YouTube.

dr. Resna M. Wibowo mengawali presentasinya dengan menjelaskan apa sih sistem imun itu? Yaitu: penangkal "benda" asing yang masuk ke dalam tubuh; untuk keseimbangan fungsi tubuh terutama menjaga keseimbangan komponen tubuh yang telah tua; sebagai pendeteksi adanya sel-sel abnormal, termutasi, atau ganas, serta menghancurkannya.

Sistem imun: di luar tubuh, penghalang misalnya kulit. Pada saat terjadi luka, atau patogen (misalnya bakteri) masuk dalam tubuh, maka dalam tubuh akan terjadi pembekuan darah, kemudian ada respon imun

"Responnya ada dua, yaitu: Non Spesifik (fagositosis) dan kemudian terjadi inflmasi. Yang spesifik: imunitas diperantarai sel (sel-sel), imunitas humoral (antibodi)," ungkap dr. Resna Wibowo.

Sistem imun: Lisozim pada air mata, Lisozim pada mukus dalam hidung, Lisozim pada ludah, Asam lemak dan bakteri alami, Lisozim pada usus halus, Bakteri alami pada vagina, Mukus dan silia pada saluran udara, Asam Lambung pada lambung, probiotik pada usus besar, Lisozim pada urin

Manfaat berpuasa: kewajiban yang bermanfaat, baik untuk kesehatan, mendapatkan pahala, melatih keiklasan, bonus banyak. Memperbaiki berat badan, obesitas, komplikasinya: DM, HT, kolesterol, Risiko penyakit jantung, detoksifikasi, menyehatkan mental, penyakit saluran cerna.

Menjaga imunitas saat puasa: Puasa Ramadhan ikhlas atau terpaksa, Evaluasi gaya hidup sehari-hari, Evaluasi pola pikir dan mental, Jika salah imun turun kemudian sakit manfaat sia-sia.

dr.Resna PDHMI

Peran Obat Herbal Meningkatkan Imunitas

Dr. Resna M. Wibowo, selanjutnya memaparkan dengan rinci, tentang berbagai informasi penting tentang obat herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Obat herbal adalah obat-obatan yang murni diambil dari saripati tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk pengobatan, tanpa ada campuran bahan kimia buatan (sintetis) dan tanpa campuran hewan.

Tingkatan obat herbal sesuai registrasi BPOM:

  • Jamu: Khasiat berdasarkan empiris (pengalaman) turun menurun secara tradisional. Standarisasi kandungan kimia belum disyaratkan.
  • OHT: Khasiat berdasarkan uji farmakologi dan uji toksisitas pada hewan uji. Standarisasi kandungan kimia bahan baku penyusun formula.
  • Fitofarmaka: Khasiat berdasarkan uji famakologis, uji toksisitas pada hewan uji dan uji klinis pada manusia. Standariasi kandungan kimia bahan baku dan sediaan.

IMUNOMODULATOR. Imunomodulator adalah zat atau obat yang dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Imunostimulan, suatu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun. Diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit atau infeksi

Imunostimulan dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh terhadap berbagai infeksi dengan meningkatkan level basal respons imun. Contoh: Isoprinosin, esktrak herbal (Phyllantus niruri, Nigella sativa, dan lain-lain)

Imunosuppresif. Suatu senyawa yang digunakan untuk menekan respons imun, seperti untuk pencegahan penolakan transplantasi organ, atau untuk mengatasi autoimun

Kapan imunostimulan digunakan ?

  • Pada saat dimana daya tahan tubuh menurun: Kelelahan, Kurang istirahat, Travelling
  • Sedang berjangkit wabah penyakit menular
  • Risiko tinggi terkena infeksi: Petugas Kesehatan, Petugas bandara/Pelabuhan, Berkunjung ke inffected area, Kontak dengan penderita infeksi

Herbal imunostimulator, antara lain: Echinacea, Habbatusauda/jinten hitam, Lidah buaya, Kunyit, Meniran (Phyllanthus niruri).

Meniran: Efikasi & Profil Keamanan sebagai Imunomodulator

Meniran ini, tanaman ini khas Indonesia. Kandungan utamanya adalah flavonoid, antara lain: quercetin, qeurcetrin, isoquercetrin, astragalin dan rutin. Steroid berupa beta-citosterol. Komponen lainnya berupa tanin, vitamin C dan vitamin K.

Dexa Medica adalah produsen yang mengangkat tanaman ini hingga menjadi Fitofarmaka. Dexa Medica  melalui proses riset yang panjang berhasil mengembangkan fitofarmaka yang bersifat imunomodulator dari ekstrak Phyllanthus niruri (Meniran) dengan efikasi terhadap beberapa patogen dan telah terbukti.

Aktivitas imunomodulator pada sistem imun telah diteliti pada uji preklinik dan uji klinik dengan hasil bahwa ekstrak Phyllanthus niruri dapat memodulasi sistem imun.

Mekanisme Kerja Phyllanthus niruri extract

Mekanisme kerja menstimulasi sistem imun seluler dan humoral:

  1. Aktivitas dari respons imun bawaan/non spesifik dengan: Meningkatkan aktifitas fagositik non spesifik dari makrofag/monosit.Merangsang reaksi inflamasi melalui peningkatan aktifitas kemotatik dari netrofil dan makrofag. Meningkatkan sitotoksisitas sel NK.
  2. Aktifitas dari respons imun didapat/spesifik: Merangsang proliferasi sel B., Meningkatkan produksi IgG dan IgM, Meningkatkan proliferasi sel T, Meningkatkan  TNFα- dengan sekresi subset Th1, Mengurangi IL-2 dengan sekresi subset Th1, Meningkatkan IL-4 oleh sekresi subset Th2, Mengurangi IL-10 dengan sekresi subset Th2.

Suplementasi ekstrak Phyllanthus niruri sendiri atau dikombinasikan dengan multivitamin memberikan manfaat bagi jamaah haji dalam mengurangi kejadian  influenza-like illnesses selama menunaikan ibadah haji.

Rekomendasi Farmakologis untuk OTG dan Pasien Gejala Derajat Ringan COVID-19. Obat-obatan suportif baik tradisional (Fitofarmaka) maupun Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yang teregistrasi di BPOM dapat dipertimbangkan untuk diberikan namun, dengan tetap memperhatikan perkembangan kondisi klinis pasien.

Potensi Tanaman Obat  Menghambat Penyebaran COVID-19. Phyllanthus niruri (Meniran) diduga dapat berpotensi mencegah infeksi virus SARS-CoV-2. Aktivitas antivirus dari Meniran berasal dari senyawa-senyawa seperti phyllantin, hypophyllanthin, quercetin, quercetrin dan astraglin. Berdasarkan hasil molecular docking, Phyllanthus niruri berpotensi dijadikan inhibitor terhadap SARS-CoV-2.

Dr. Resna M. Wibowo menyebutkan bahwa HerbaVOMITZ merupakan OMAI bersifat antimual,  antiflatulen, dan menunjukan aktivitas enzim protease. Tiap 1 tablet HerbaVOMITZ mengandung Avominol yang terbuat dari Bioactif Fraction Zingiber Officinale 150 mg.

Ketika tanya jawab dengan peserta, yang menanyakan apakah Inlacin yang juga merupakan OMAI ini, dapat menggantikan metformin, dr. Resna menjelaskan bahwa Inlacin dapat menggantikan metformin.

Take Home Message:

  • Masalah pencernaan juga sering ditemukan pada saat puasa seperti kembung dan mual. Avominol dari jahe emprit yang merupakan salah satu bahan baku OMAI dapat menjadi pilihan terapi untuk meredakan kembung dan mual.
  • Penggunaan jahe emprit dapat membantu permasalahan untuk menjagakesehatan lambung saat melakukan kesalahan saat berpuasa
  • Kesehatan mental, stress dan imunitas menjadikan salah satu upaya untuk menguatkan kekutan imunitas dan kesehatan pada pencernaan. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: