Ramuan Mengatasi Gatal-Gatal
Tanggal Posting : Jumat, 10 Juli 2020 | 11:58
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 408 Kali
Ramuan Mengatasi Gatal-Gatal
Daun Sambiloto yang memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata merupakan salah satu tanaman yang mengobati gatal-gatal.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Gatal di permukaan kulit bisa sangat mengganggu, bahkan menyakitkan. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit gatal, salah satunya reaksi alergi. Saat gatal menyerang, biasanya seseorang akan menggaruk permukaan kulit untuk meredakan gejala.

Namun tahukah kamu, menggaruk kulit yang gatal sebenarnya tidak disarankan dan bisa memicu masalah kulit lainnya, seperti kulit kering, bersisik, dan muncul luka. Menggaruk kulit yang gatal hanya akan memperparah kondisi.

Daripada begitu, sebaiknya atasi serangan gatal dengan konsumsi ramuan tradisional. Sebagai pertolongan pertama, kamu juga bisa mengatasi gatal pada permukaan kulit dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal?

Bahan Ramuan:

  • Umbi Teki 1 biji
  • Daun Sambiloto 5 lembar
  • Sereh 1 batang
  • Rimpang Lengkuas 1 ibu jari
  • Air 3 gelas

Cara Pembuatan:
Umbi Teki, Sereh dan Rimpang Lengkuas dimemarkan. Semua bahan dicampur dan direbus dalam air mendidih selama 10-15 menit dengan api kecil.

Cara Pemakaian:
Diminum 2 kali sehari sebelum makan.

Keterangan:
Ramuan dapat juga digunakan untuk remaja, usia kerja dan lansia dengan bahan 3 Biji Umbi Teki, 10 lembar Sambiloto, 1 batang Sereh, 1 ibu jari Rimpang Lengkuas, Air 3 gelas.

Perhatian: Hindari pemakaian untuk ibu hamil. (Sumber: "Buku Saku 1 Petunjuk Praktis Toga & Akupresur" yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI., Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Jakarta: 2015,  Hal. 22-23). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: