Ngovi Herbal dan Suplemen Kesehatan
Tanggal Posting : Rabu, 24 Juni 2020 | 08:24
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 160 Kali
Ngovi Herbal dan Suplemen Kesehatan
Kegiatan Ngovi Serba Serbi Herbal dan Suplemen Kesehatan yang diadakan Badan POM.

JamuDigital.Com- MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Badan POM mengadakan Ngobrol Virtual "Serba Serbi Herbal dan Suplemen Kesehatan", pada Selasa, 23 Juni 2020- dibuka dan memberikan sambutan adalah Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, BADAN POM, Mayagustina Andarini.

Narasumber: Martin Suhendri, Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan, Badan POM, Prof. Dr. Suwijiyo Pramono, DEA., Apt., (Guru Besar UGM), Prof.Dr.dr. Purwatyastuti, M.Sc., Sp.FK. (Guru Besar UI), dan Shahnaz Haque.

Dalam paparan sebagaimana presentasinya berjudul "Cerdas Memilih & Mengonsumsi Herbal, Obat Tradisonal dan Suplemen Kesehatan, Dalam menghadapi Pandemi Covid-19", Martin Suhendri menyebutkan bahwa Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan tidak digunakan untuk mengobati tetapi untuk memperbaiki daya tahan tubuh dalam menghadapi COVID-19.

Untuk itu: Jangan menggunakan secara berlebihan, perhatikan dosis yang dianjurkan, Bacalah petunjuk penggunaan dan informasi yang ada sebelum mengkonsumsi OT, Obat Tradisional bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin, Segera hentikan penggunaan bila terjadi efek yang tidak diinginkan dan hubungi dokter atau ahli medis, Konsultasi dengan dokter untuk penggunaan bersama obat.

Berita Terkait: Modernisasi Obat Herbal Era New Normal 

Martin Suhendri juga dijelaskan pebedaan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan. Obat Tradisinal: Bahan atau ramuan bahan yang berasal dari bahan tumbuhan, hewan, mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. (PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 007 TAHUN 2012 TENTANG REGISTRASI OBAT TRADISIONAL)

Sedangkan, Suplemen Kesehatan adalah Produk yang dimaksudkan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi, memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan, mempunyai nilai gizi dan/atau efek fisiologis, mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan. (PERATURAN KEPALA BADAN POM NO 16 TAHUN 2019 TENTANG PENGAWASAN SUPLEMEN KESEHATAN).

Jamu adalah Obat Tradisional Indonesia yang digunakan secara turun-temurun dengan khasiat dibuktikan secara empiris Nomor Izin Edar Produk (TR.123456789 (9 digit angka), TI. 123456789 (9 digit angka)

Obat Herbal Terstandar (OHT) adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik pada hewan dan bahan bakunya telah distandardisasi. Nomor Izin Edar Produk: HT.123456789 (9 digit angka)

Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik pada hewan dan uji klinik pada manusia, serta bahan baku dan produk jadinya telah distandardisasi. Nomor Izin Edar Produk: FF.123456789 (9 digit angka)

Bentuk sediaan Obat Tradisional. Obat Dalam (Rajangan, Serbuk-serbuk simplisia, serbuk instan, serbuk efervesen, Pil, Kapsul, Tablet, Kaplet, Tablet Hisap, Tablet Efervesen, Pastiles, Dodol/Jenang, Cairan Obat Dalam, Fim Strip. Obat Luar: Parem, Pilis, Tapel, Koyo/Plester, Cairan Obat Luar, Salep, Krim.

Larangan  Herbal dan Obat Tradisional: Mengandung Bahan Kimia Obat (BKO), Ilegal/Tanpa Izin Edar. Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia Obat (BKO). Bahan Kimia Obat (BKO) tidak diperbolehkan penggunaannya sebagai campuran pada produk obat tradisional karena dapat membahayakan kesehatan.

Cara Memilih Obat Tradisional Dan Suplemen Kesehatan. CEK KLIK (Kemasan, Ijin Edar, Label, Kedaluwarsa. Herbal dan Obat Tradisional yang aman tidak memberikan efek cespleng/instan. Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: