OMAI Dikenalkan pada Rakornas Kemenristek
Tanggal Posting : Sabtu, 22 Februari 2020 | 15:19
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 227 Kali
OMAI Dikenalkan pada Rakornas Kemenristek
OMAI (Obat Modern Asli Indonesia) Produksi Dexa Medica dikenalkan pada saat Rakornas Kemenristek 2020. Foto: Dok. Dexa Group.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. OMAI (Obat Modern Asli Indonesia) diperkenalkan pada saat Rakornas Ristek/BRIN 2020 di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Serpong, Tangerang Selatan, pada Kamis, 30 Januari 2020.

Dikutip dari website Dexa Medixa (www.dexa-medica.com), disebutkan bahwa sebagai industri farmasi yang terlibat dalam kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan nasional yang berkelanjutan, Dexa Group mendapatkan kesempatan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Rakornas Ristek/BRIN) Tahun 2020. Rakornas Ristek/BRIN 2020 dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Selain mendirikan booth dengan menampilkan produk-produk unggulan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) seperti Inlacin, Redacid, Stimuno, Dismeno, Disolf, dan Herba Family: HerbaKOF, HerbaVOMITZ, HerbaCOLD, dan HerbaPAIN.

Executive Director Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS) Dexa Medica, Raymond Tjandrawinata menjadi pembicara yang mewakili industri farmasi untuk berbagi insight tentang hilirisasi produk hasil penelitian dan pengembangan.

Pada Rakornas Kemenristek/BRIN yang bertema "Meningkatkan Integrasi Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang menghasilkan Invensi dan Inovasi untuk Pembangunan Nasional Berkelanjutan, Presiden Joko Widodo meminta BRIN untuk segera mengonsolidasikan agenda riset strategis nasional termasuk di sektor farmasi. Riset-riset ini sangat diperlukan agar Indonesia tidak tertinggal dan dapat memberikan nilai tambah bagi negara, serta bagi perekonomian masyarakat.

Berita Terkait: OMAI Hasil Riset DLBS, Mendapat Apresiasi Menristek Indonesia

Berita Terkait: Era Industri 4.0 dan Peluang Obat Modern Asli Indonesia Mengglobal

Konsolidasi anggaran riset, menurut Presiden Joko Widodo, diharapkan menghasilkan hilirisasi yang baik dan berdampak pada kemajuan bangsa. "Angka itu memang belum banyak dibandingkan dengan negara-negara maju, namun jika kita manfaatkan dengan optimal, fokus pada tema-tema strategis yang solutif, saya yakin hasil riset kita akan berdampak pada kemajuan bangsa," tegasnya.

Presiden Joko Widodo juga mengharapkan adanya keterlibatan banyak pihak dalam proyek strategis inovasi nasional "Ajak kerjasama semua pihak, tidak hanya mengonsolidasikan 329 unit riset di kementerian dan lembaga. Tetapi juga bisa meningkatkan peran serta swasta dalam riset-riset unggulan. Kita bisa berikan insentif pada swasta yaitu lewat super deduction tax. Apalagi yang saya lihat di Korea Selatan, tren di negara-negara maju, perisetnya hampir sebagian besar bekerja di perusahaan swasta," katanya.

Ferry Soetikno

Keterangan Foto: Pimpinan Dexa Group, Ferry Soetikno sedang menjelaskan tentang OMAI (Obat Modern Asli Indonesia) yang diproduksi oleh PT Dexa Medica di booth DLBS pada Rakornas Kemenrisktek 2020. Foto: Dok. Dexa Group.

Pimpinan Dexa Group, Ferry Soetikno mengatakan bahwa kegiatan riset dan hilirisasi produk riset Dexa Group telah sejalan dengan arahan pemerintah, seperti yang disampaikan Presiden dan Menteri Ristek / BRIN. "Dalam perannya di industri farmasi, riset menjadi ujung tombak. Kita juga telah melakukan hilirisasi produk hasil riset melalui Obat Modern Asli Indonesia atau OMAI yang telah menghasilkan produk-produk unggulan baik Fitofarmaka dan Obat Herbal Terstandar," ujar Bapak Ferry.

Lebih lanjut, Ferry Soetikno menambahkan bahwa hilirisasi produk riset yang dilakukan Dexa Group melalui OMAI ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong kemandirian produk bahan baku farmasi yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk farmasi dalam negeri di mancanegara, karena produk-produk ini telah diekspor. (Sumber Berita: https://www.dexa-medica.com/post/obat-modern-asli-indonesia-dexa-group-dikenalkan-dalam-rakornas-kemenristek---brin). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: