Menanam Empon Empon Sebagai Bahan Jamu
Tanggal Posting : Senin, 7 Februari 2022 | 08:32
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 299 Kali
Menanam Empon Empon Sebagai Bahan Jamu
Edukasi Penanaman Empon-empon sebagai Anti COVID-19

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Saat ini kasus masyarakat yang terpapar virus COVID-19 sudah mulai menurun. Meskipun sudah bisa dikatakan bahwa sekarang mulai memasuki pasca pandemi COVID-19 masyarakat perlu untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini sangat penting dikarenakan virus masih tetap ada dan berada di sekitar baik lingkungan rumah, kerja maupun sekolah.

Salah satu bentuk sikap waspada yaitu dengan membentuk kekebalan tubuh secara mandiri dengan mengonsumsi jamu alami atau yang sering disebut dengan empon-empon sebagai penangkal infeksi virus COVID-19 seperti yang banyak dibicarakan.

Meski demikian, empon-empon memiliki manfaat yang dapat membantu mencegah penularan COVID-19 seperti mencegah infeksi bakteri, mencegah peradangan, melindungi tubuh dari radikal bebas.

Dengan mengetahui manfaatnya maka peserta KKN Tim I UNDIP TA 2021/2022 melakukan penanaman di Desa Margosari agar masyarakat tercegah dari paparan virus COVID-19. Selain memberikan pengaruh baik bagi tubuh juga mampu memberikan manfaat pada lahan atau pekarangan masyarakat desa agar memiliki fungsi yang optimal dan menguntungkan.

Program ini ditujukan kepada masyarakat Desa Margosari khususnya masyarakat Dusun Krajan RT 002 / RW 001.

Adapun tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa virus COVID-19 masih tetap ada dan berada di lingkungan sekitar, sehingga perlu untuk waspada dengan cara membentuk kekebalan tubuh secara mandiri selain itu dengan adanya program ini maka pekarangan rumah yang semula masih kosong dapat dimanfaatkan dengan baik dengan adanya program penanaman tersebut.

Lokasi penanaman penanaman empon-empon ini di pekarangan rumah warga, sedangkan responden yang akan melakukan program ini diambil secara acak dan hanya diambil beberapa saja (sampling). Empon-empon disediakan oleh mahasiswa KKN dan juga menyediakan polybag serta media tanam agar tumbuh dengan sempurna.

"Saya kira jamu-jamu seperti ini tidak berpengaruh besar terhadap kekebalan tubuh tapi hanya untuk masak. Kalau tahu manfaatnya seperti ini saya akan merawat dan menanam empon-empon secara berkala. Disisi lain halaman rumah saya juga masih kosong, isinya hanya koleksi bunga", ucap salah satu peserta edukasi penanaman empon-empon.

Dengan adanya respon baik dari masyarakat, diharapkan pemerintah tingkat desa juga memperhatikan hal tersebut dengan cara memberikan dukungan baik dalam bentuk fasilitasi maupun penetapan sebagai program rutin untuk Desa Margosari. (Sumber Berita: https://jurnalpost.com/penanaman-empon-empon-sebagai-bahan-jamu/30639/). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: