Menko Airlangga Hartarto Apresiasi Peningkatan Inovasi Periset Herbal
Tanggal Posting : Minggu, 4 Juli 2021 | 11:01
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 288 Kali
Menko Airlangga Hartarto Apresiasi Peningkatan Inovasi Periset Herbal
Pemerintah berupaya terus mendukung berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Menteri Koordinatir Bidang Perekonomian RI., Dr. (H.C) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T. memberikan apresiasi terhadap upaya-upaya peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya di bidang Kesehatan dan Farmasi sehingga dihasilkan inovasi yang dapat diaplikasikan bagi kemajuan kesehatan.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada Virtual Ceremony Dexa Award Science Scholarship (DASS) 2021- di channel YouTube Dexan TV, pada Rabu, 30 Juni 2021.

Berikut ini sambutan lengkap Menteri Koordinatir Bidang Perekonomian RI., Airlangga Hartarto:

Apresiasi yang tinggi saya berikan kepada Dexa Group yang terus memberikan dukungan pembiayaan melalui biaya beasiswa S2 Dexa Award Science Scholarship bagi putra putri terbaik bangsa. Untuk meneruskan pendidikan baik ditingkat dasar, akademis, profesi apoteker, hingga jenjang pendidikan tinggi S2.

Semoga melalui program ini terlahir banyak sumber daya tenaga kesehatan yang profesional, berkompetensi tinggi dan dapat berkontribusi dalam dunia kesehatan bangsa Indonesia. Pandemi COVID-19 yang melanda sudah lebih setahun, telah memberikan tantangan dan tekanan ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Upaya untuk keluar dari situasi yang extraordinary ini terus kita lakukan dan usaha-usaha ini untuk pulih dan bangkit akan lebih baik lagi kita terus adaptasikan dan akselerasi. Pemerintah telah memonitor hal ini dalam mengambil langkah-langkah antisipatif dan tentu pemerintah mendorong untuk kapasitas tempat tidur di rumah sakit dapat ditingkatkan 40%.

Dan ini memperkuat implementasi PPKM mikro di lapangan dengan operasi yustisi dan terus mengakselerasi vaksinasi dan hingga hari ini telah disuntik 35 juta dosis. Ketersediaan dan keamanan vaksin di dalam negeri terus diupayakan pemerintah.

OMAI Mendunia

Target vaksinasi 700 ribu perhari telah tercapai pada tanggal 17 Juni 2021 yang lalu dan pemerintah terus mendorong agar vaksinasi dapat ditingkatkan ke 1 juta. Dan sentra vaksinasi di berbagai tempat dipelabuhan, pasar, dan tempat lain juga terus didorong untuk mencapai target tersebut.

Pemerintah akan terus mengakselerasi program pemulihan hingga 18 Juni 2021- realisasi program pemulihan ekonomi nasional telah mencapai 219,65 Triliun atau 32,4% dari pagu 699,43 Triliun. Pandemi COVID-19 yang melanda negeri kita saat ini mengingatkan kita krusialnya peran sektor farmasi dan pelayanan kesehatan.

Terutama di sisi ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah berupaya untuk terus mendukung berbagai lembaga riset dan perguruan tinggi untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan. Dan tentu yang salah satu utamanya di sektor vaksin COVID-19 yaitu melalui program vaksin merah putih.

Moment ini dianggap sebagai wake up call, kembali melihat kekuatan bangsa kita dibidang ilmu pengetahuan, riset dan inovasi, khususnya di industri farmasi dan kesehatan. Inisiasi yang dilakukan oleh Dexa Group melalui Dexa Award Science Scholarship telah sejalan dengan semangat tersebut.

Diharapkan dengan program ini memunculkan ilmuan-ilmuan muda serta menciptakan riset-riset yang menawarkan terobosan bagi industri farmasi dan kesehatan nasional, sekaligus inovasi dan penelitiannya dapat diaplikasikan bagi kemajuan kesehatan.

Pemerintah mengapresisi sumbangsih dari Dexa Group yang berkontribusi dalam penanganan COVID-19, antara lain dengan produksi hidroksiklorokuin, azithromycin dan klorokuin yang sudah didonasikan kepada negara sejak awal 2020.

Disamping itu, pemerintah mengapresiasi berbagai peralatan, informasi kedokteran yang dibutuhkan dalam penanganan pasien COVID-19. Serta turut menjaga distribusi obat-obatan kepada rumah sakit dan apotik. Sehingga ketersediaan obat terus terjaga.

Pada kesempatan ini, saya ucapkan selamat dan apresisasi kepada Dexa Group. Seluruh peserta, finalis, serta para juri saya berharap acara ini akan mendorong terciptanya inovasi-inovasi dan beasiswa ini dapat digunakan, agar betul-betul sumber daya manusia dapat memanfaatkan pendidikan dan juga kami berharap dengan bergotong royong pandemi COVID-19 ini dapat dikendalikan dan perekonomian nasional dapat kembali pulih. Teruslah berkarya bagi dunia kesehatan serta kesejahteraan bangsa dan negara. Redaksi JamuDigtal.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: