Segudang Khasiat Jambu Mete untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Senin, 15 November 2021 | 09:22
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 150 Kali
Segudang Khasiat Jambu Mete untuk Kesehatan
Jambu Mete (anacardium occidentale) memiliki kandungan kimia seperti tanim, anacardic acid dan cardol yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Berbagai bahan-bahan alami di sekitar kita baik buah, sayur, atau pun umbi-umbian memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya Jambu Mete.

Jambu Mete (anacardium occidentale) atau yang dikenal dengan Jambu monyet ini, sudah dikenal sejak dulu memiliki khasiat yang dapat dijadikan obat tradisional. Jambu mete memiliki rasa yang terbilang unik dan juga bentuk yang unik. Bahwa kacang mete yang sering kita jadikan cemilan merupakan buah dari Jambu Mete ini.

Selain bijinya yang dijadikan cemilan dan terkenal sebagai sumber protein dan kalzium. Keseluruhan buah juga dapat langsung dimakan sebagai bahan rujak atau minuman. Jambu Mete memiliki kandungan senyawa kimia seperti tanim, anacardic acid dan cardol yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik.

Dilansir dari Infografis Instagram @kementerianpertanian, buah unik yang mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan. Berikut segudang khasiat Jambu Mete untuk kesehatan:

Meningkatkan daya tubuh

Kandungan zinc dan sodium pada Jambu Mete berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi jambu monyet juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Mengobati berbagai penyakit kulit

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Purdue University, Amerika Serikat, minyak esensial dan jus Jambu Mete dapat membantu mengobati penyakit kulit seperti kapalan, bisul, dan kutil.

Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

Kandungan mineral Jambu Mete yaitu fosfor dan magnesium memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral tersebut juga berperan dalam penyerapan karbohidrat dan lemak di dalam tubuh.

Mencegah penyakit jantung

Kandungan kalium, asam folat, hingga vitamin pada Jambu Mete dapat berfungsi efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pasalnya, kelebihan kolesterol dapat memicu penyakit jantung, sehingga rutin mengonsumsi kacang mete dapat mencegah penyakit jantung.

Membantu menyehatkan mata

Manfaat tersebut berasal dari kandungan nutrisi dalam Jambu Mete yang baik bagi indra penglihatan manusia. seperti diketahui sejumlah organ tubuh seiring berjalannya usia dapat mengalami tingkat penurunan yang cukup drastis.

Menyehatkan kulit dan rambut

Kandungan zat tembaga yang terkandung dalam jenis Jambu Mete tersebut dipercaya mampu meningkatkan pembentukan melanin atau pigmen pada rambut serta kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengaplikasikan minyak kacang mete pada kulit kepala dan juga rambut.

Mampu turunkan berat badan

Konsumsi Jambu Mete sesuai porsi dan secara teratur dapat membantu menurunkan penumpukan lemak yang mengarah kepada penambahan berat badan. Jambu Mete juga memiliki sejumlah serat yang penting untuk mengurangi berat badan bila dimakan dalam jumlah sedang. (Sumber: Infografis Instagram @kementerianpertanian). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: