Khasiat Tapak Dara Menyembuhkan Luka
Tanggal Posting : Selasa, 6 Juli 2021 | 08:26
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 337 Kali
Khasiat Tapak Dara Menyembuhkan Luka
Simak artikel dibawah ini, cara menyembukan luka menggunakan Tapak Dara.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tanaman Tapak Dara merupakan salah satu sumber obat herbal yang mempunyai khasiat menyembuhkan luka. Secara empiris tanaman ini telah banyak digunakan sebagai obat luka di beberapa negara seperti Indonesia dan India.

Tapak Dara (Catharanthi Roseus Folium) dibeberapa daerah dikenal dengan sebutan kembang tembaga, bunga tembaga, tapok doro, kembang bogor, bunga sedodu, kembang sari cina, kembang tembaga beureum.

Tapak Dara memiliki perawakan terna menahun, tumbuh tegak, bercabang banyak, tinggi mencapai 120 cm. Batangnya berkayu pada bagian pangkal, sering bergetah putih, bentuk batang bulat. Helaian daun tunggal, terletak berhadapan dengan pertulangan daun menyirip. 

Bentuk helaian daun memanjang, bulat telur terbalik sampai oval, pangkal runcing, ujung runcing, tepi daun rata, ibu tulang daun agak tebal dan berdaging, pertulangan daun sedikit melengkung, warna hijau, tangkai daun 5-6 mm, ukuran helaian daun 2-9 cm, berbulu pada kedua permukaannya.

Perbungaan berupa bunga majemuk menggarpu, di ketiak daun yang biasanya dipadati oleh beberapa pasang daun, panjang ibu tangkai bunga 1-2 mm, tegak. Kelopak bunga berukuran 6 mm, terbagi menjadi 5 helaian yang saling berlekatan, berambut.

Tapak Dara sering tumbuh di daerah berpasir sepanjang pantai, daratan, tepi sungai, sebagai vegetasi padang savanna dan tempat kering lain, di hutan yang terbuka atau diantara semak belukar, tetapi biasanya pada tanah yang berpasir atau tanah berbatu. 

Tumbuh mulai dari tanah yang mengandung garam di tepi pantai sampai pada ketinggian 1500 mdpl. Dapat tumbuh pada kondisi kering, tapi tidak terlalu panas. Pada kondisi kurang air, kandungan alkaloid pada daun tua lebih banyak.

Didalam Tapak Dara didapatkan 3 kelompok alkaloid, yaitu kelompok dimerik, leurosin dan leurbsidin. Menurut efek farmakologi, Ekstrak etanol daun tapak dara dosis 100 mg/kg BB/hari pada tikus jantan galur Sprague Dawley secara signifikan meningkatkan penyempitan luka, tingkat pengeringan luka, kandungan hidroksiprolin jaringan granulasi dan menurunkan periode epitelisasi bila dibandingkan dengan kontrol.

Penyiapan dan Dosis: Daun tapak dara 2-5 lembar dihaluskan dan ditempelkan pada luka. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Ketujuh Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 20012, Halaman: 68-70). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: