6 Khasiat Daun Kersen, Baik Untuk Mencegah Komplikasi Diabetes
Tanggal Posting : Senin, 22 April 2024 | 11:20
Liputan : Redaksi JamuDigital.com - Dibaca : 55 Kali
6 Khasiat Daun Kersen, Baik Untuk Mencegah Komplikasi Diabetes
Daun kersen memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah komplikasi diabetes.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Penyakit kronis diabetes yang kian merajalela di era modern ini menjadi hal menakutkan bagi banyak orang. Ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi, diabetes bukan hanya mengganggu kesehatan, tetapi juga dapat menyebabkan komplikasi yang serius.

Berbagai pengobatan dalam upaya mencegah penyakit diabetes, baik medis maupun tradisional terus diupayakan. Di antara berbagai upaya yang ada, khasiat daun kersen untuk diabetes dipercaya mampu untuk membantu menterapi diabetes.

Manfaat daun kersen untuk diabetes bisa ditelisik dari kandungan yang terdapat di dalam daun ini. Kandungan flavonoid, saponin, dan senyawa aktif lainnya dalam daun kersen dipercaya mampu bekerja layaknya insulin alami, membantu tubuh mengontrol kadar gula darah.

Tak hanya itu, daun kersen juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah komplikasi diabetes. Berikut ini 6 Manfaat Daun Kersen yang dikutip dari artikel Pikiran Rakyat.

1. Mencegah Komplikasi Diabetes

Diabetes bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan neuropati. Dengan kandungan antioksidan dalam daun kersen bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa memperburuk komplikasi diabetes.

2. Meningkatkan Produksi Insulin

Daun kersen juga dipercaya bisa merangsang pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Insulin sangat penting bagi tubuh untuk mengubah glukosa menjadi energi. Peningkatan produksi insulin membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes.

3. Menurunkan Kadar Gula Rendah

Daun kersen mengandung flavonoid dan saponin yang merupakan senyawa aktif yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Flavonoid bekerja dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yaitu hormon yang membantu tubuh menyerap glukosa dari darah.

Saponin, di sisi lain, menghambat penyerapan glukosa di usus, sehingga gula darah tidak melonjak drastis setelah makan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kersen membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah yang penting bagi penderita diabetes.

5. Memperlancar Pencernaan

Daun kersen mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sembelit merupakan masalah umum pada penderita diabetes, di mana dengan daun kersen dapat membantu meredakannya. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2024. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: