3 Obat Herbal untuk Membantu Mengatasi Sembelit Saat Puasa
Tanggal Posting : Senin, 18 Maret 2024 | 10:52
Liputan : Redaksi JamuDigital.com - Dibaca : 106 Kali
3 Obat Herbal untuk Membantu Mengatasi Sembelit Saat Puasa
Budi Nuratmi, periset di Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi Departemen Kesehatan membuktikan bangle mampu melancarkan saluran pencernaan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Saat berpuasa sebaiknya hindari makanan pedas dan masam karena menjadi penyebab gangguan pada pencernaan. Puasa mengajarkan manusia untuk tidak berlebihan untuk itu, sebaiknya saat berbuka puasa tidak langsung mengonsumsi makanan dalam porsi besar.

Salah satu keluhan akibat kurang mengontrol makanan yakni sembelit. Sederhananya agar terhindar dari sembelit saat berpuasa adalah kontrol makanan yang mengisi perut secara bertahap setelah berpuasa seharian.

Berikut ini adalah beberapa herbal yang dapat menjadi alternatif dalam mengatasi keluhan sembelit yang dikutip dari website Trubus.id.

Bangle

Menurut Edwina Rahmayanti, herbalis di Jakarta, pencahar yang ampuh mengatasi sembelit adalah bangle. Budi Nuratmi, periset di Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi Departemen Kesehatan membuktikan bangle mampu melancarkan saluran pencernaan.

Ia menguji seduhan bangle pada tikus yang menderita sembelit. Tikus-tikus itu diberi seduhan bangle secara oral dengan dosis 40, 120, dan 400 mg per 100 gram bobot tubuh. Hasilnya, sembelit tikus hilang dan defekasinya lancar.

Bawang berlian

Periset tanaman obat dari Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Irawan Wijaya Kusuma PhD, mengungkapkan masyarakat Kalimantan biasa menggunakan bawang berlian untuk mengatasi sembelit. Mereka merebus 40-50 g umbi segar dalam 3 gelas air hingga mendidih. Ramuan itu untuk konsumsi 3 kali sehari.

Daun cincau

Herbalis di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ujang Edi atau kerap dipanggil Abah menyarankan daun cincau (Cyclea barbata) untuk mengatasi sembelit. Cincau berbentuk kenyal seperti agar-agar itu terbuat dari sari pati daun. Cara membuat cincau sederhana. Ambil daun cincau secukupnya, tambahkan air, kemudian remas-remas.

Diamkan air remasan daun cincau itu beberapa saat hingga mengental. Konsumsi 2-3 kali sehari aman bagi pencernaan. Cara lain mengatasi sembelit saat puasa yaitu mengonsumsi makanan berserat (sayur dan buah) saat sahur dan berbuka.

Orang berpuasa juga mesti meminum 8 gelas air. Bisa dengan 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas antara berbuka dan sahur. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2024. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: