Ragam Khasiat Tanaman Kina
Tanggal Posting : Kamis, 20 Mei 2021 | 07:06
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 454 Kali
Ragam Khasiat Tanaman Kina
Tanaman Kina memiliki beragam khasiat diantaranya: sebagai obat malaria, penurun panas dan penambah nafsu makan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Kina (Chinchona ledgenaria) merupakan tanaman obat yang telah dikenal lama. Sehingga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Tanaman ini berasal dari hutan-hutan di Amerika Selatan.

Tanaman Kina diambil kulitnya karena banyak mengandung alkaloid sehingga berkhasiat untuk obat. Kina berperawakan pohon dan merupakan tumbuhan tahunan dengan tinggi 5-15 cm. Batangnya berkayu, tegak, bercabang-cabang dan berwarna hijau kecokelatan.

Daunnya tunggal, bersilang, berhadapan, helaian bulat telur, ujung tumpul, tepi rata, pangkal runcing, panjang 10-35 cm, lebar 5-25 cm, pertulangan menyirip, tangki 1-2,5 cm, hijau keunguan dan berwarna hijau.

Bunganya majemuk, bentuk malai, di ketiak daun atau di ujung batang kelopak ujungnya bertajuk lima, runcing, berwarna kuning agak putih, benang sari putih, kepala sari kuning, tangkai putik kuning kehijauan.

Kepala putik yang masih muda hijau setelah tua cokelat, mahkota bentuk bintang dan berwarna putih kekuningan. Buahnya berbentuk kotak, lonjong, panjang 1,5-2 cm, lebar 4-6 mm dan berwarna cokelat. Bijinya kecil dan berwarna cokelat.

Kulit batang Kina mengandung alkaloid, saponin, flavonoid dan polifenol. Kulit batang Kina berkhasiat sebagai obat malaria, penurun panas dan penambah nafsu makan. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 42-43). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: