Ragam Khasiat Daun Sembung
Tanggal Posting : Minggu, 2 Mei 2021 | 05:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 329 Kali
Ragam Khasiat Daun Sembung
Daun Sembung memiliki beragam khasiat diantaranya: mengobati influenza, mengatasi haid yang tidak teratur, menurunkan kadar gula dalam darah dan mengobati rematik.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Daun Sembung ternyata memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Daun Sembung (Blumea balsamifera) merupakan nama tanaman semak yang daunnya biasa dijadikan sebagai obat tradisional.

Sembung yang termasuk famili Ateraceae ini merupakan perdu menahun dengan tinggi mencapai 4 m. Daunnya agak kasar serta berambut halus, dengan aroma yang khas Sembung tumbuh subur di hutan-hutan tropis pada tanah berpasir dan agak basah hingga ketinggian 2200 mdpl.

Sembung memilik keanekaragaman mencakup lebih kurang 50 jenis, serta memiliki vanasi ukuran daun yang beragam Tanaman yang diperkirakan berasal dari Asia Tenggara ini tersebar mulai dari Srilangka sampai Cina bahkan menyebar hingga Afrika barat, Australia selatan Pasifik dan Hawai.

Di Indonesia ditemukan 18 jenis Sembung, yang tumbuh menyebar di hutan-hutan nusantara. Bagian tanaman yang digunakan untuk ramuan obat adalah daun dan akar. Daun Sembung mengandung senyawa turunan seskuiterpen dan flavonoid.

Daun Sembung digunakan untuk mengobati demam yang disebabkan oleh influenza. Rebusan daun Sembung yang dicampur dengan madu, dapat membantu mengatasi masalah haid tidak teratur.

Disamping itu, rebusan Daun Sembung mamiliki efek menurunkan kadar gula dalam darah Sedangkan rebusan akar sembung digunakan untuk mengatasi nyeri karena rematik sendi. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 28-29). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: