Inilah Beberapa Manfaat Menanam TOGA
Tanggal Posting : Minggu, 1 Agustus 2021 | 08:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 227 Kali
Inilah Beberapa Manfaat Menanam TOGA
Berikut ini beberapa manfaat menanam TOGA yang harus Anda ketahui.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Indonesia merupakan Negara tropis megabiodiversity, yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpahtermasuk tumbuhan yang berkhasiat obat. Lingkungan sekitar kita sebenarnya telah melindungi kita dari berbagai macam penyakit dengan menyediakan tanaman berkhasiat obat.  

Kearifan budaya tradisional salah satunya budaya adat dayak yang kehidupannya tidak terlepas dari alam sekitarnya merupakan potensi yang sangat besar untuk tanaman obat keluarga (TOGA). Namun dengan semakin berkembangnya pertumbuhan jumlah penduduk, lingkungan dan lahan pemukiman semakin tertekan akibatnya kepedulian terhadap sesama semakin terabaikan.

Budidaya pengembangan TOGA memiliki peluang bisnis yang sangat besar, apalagi pada saat ini di masyarakat sedang berkembang “Trend” Kembali ke alam (Back to Nature). Disamping adanya trend tersebut, penggunaan tumbuhan obat semakin banyak dinikmati masyarakat karena pengaruh kondisi perekonomian yang sedang mengalami krisis sehingga banyak masyarakat yang memilih obat-obatan alami yang harganya relative murah, aman dan mudah mendapatkannya.

Tanaman obat keluarga (TOGA) pada dasarnya adalah tanaman yang ditanam dihalaman rumah, kebun ataupun sebidang tanah atau ditanam didalam pot yang dimanfaatkan sebagai budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat-obatan. Tanaman obat keluarga juga berfungsi sebagai pemanfaatan lingkungan disekitar rumah dan kebun. Di era sekarang semakin banyak keluarga yang sadar betul apa manfaat dari tanaman obat itu sendiri.

Tujuan utama budidaya tanaman obat keluarga (TOGA) yaitu Untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta melestarikan kekayaan alam melalui tanaman yang ada disekitar kita. Manfaat tanaman obat keluarga (TOGA) sangat beragam tergantung subjektivitas kita memandangnya, dan beberapa manfaat tanaman obat keluarga antara lain:

  • Sebagai pelengkap obat-obatan keluarga yang bersifat tradisional
  • Bernilai tambah estetika bila ditata dengan apik dan rapi
  • Memberi contoh cara pemanfaatan lingkungan pekarangan
  • Menambah nilai keasrian dan kesejukan halaman pekarangan rumah
  • Tentunya bila dikelola dengan baik maka akan menghasilkan pendapatan tambahan

Fungsi tanaman obat keluarga (TOGA) yaitu:  Sebagai sarana untuk mendekatkan tanaman obat kepada upaya-upaya kesehatan masyarakat yang antara lain meliputi; Upaya Preventif (pencegahan), Upaya Promotif (Meningkatkan derajat kesehatan) dan Upaya Kuratif (Penyembuhan Penyakit).

Sarana untuk memperbaiki gizi masyarakat, sebab banyak tanaman obat yang dikenal sebagai tanaman penghasil buah-buahan atau sayur-sayuran. Sarana untuk pelestarian alam dan sarana penyebaran gerakan penghijauan.  

Dengan adanya TOGA dan bila ditata dengan baik maka hal ini akan menghasilkan keindahan bagi orang / masyarakat yang ada disekitarnya. Untuk menghasilkan keindahan diperlukan perawatan terhadap tanaman yang ditanam terutama yang ditanam di pekarangan rumah. (Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/79056/MANFAAT-TANAMAN-OBAT-KELUARGA--TOGA-/). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: