Dinkes Jatim Apresiasi ASMAN TOGA Bunga Matahari Lamongan
Tanggal Posting : Minggu, 29 Agustus 2021 | 08:53
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 272 Kali
Dinkes Jatim Apresiasi ASMAN TOGA Bunga Matahari Lamongan
Bupati Yuhronur saat melakukan verifikasi lapangan pada Jumat, 20 Agustus 2021 di Desa Kuluran, Kabupaten Lamongan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Dinkes Jatim) beserta Tim Penilai ASMAN TOGA dan Akupresur Kategori Pedesaaan Tingkat Provinsi Tahun 2021 memberikan apresiasi kepada Kelompok Asuhan Mandiri (ASMAN) Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur Bunga Matahari Lamongan saat melakukan verifikasi lapangan pada Jumat, 20 Agustus 2021 di Desa Kuluran, Kabupaten Lamongan.

Berbagai hasil TOGA Kelompok ASMAN TOGA Bunga Matahari ini dinilai mampu meningkatkan perekonomian keluarga, mulai dari penjualan bibit TOGA, pengolahan TOGA menjadi aneka makanan yang sehat dan bergizi seperti nugget katuk, dimsum kelor, kue nastar kelor/ temulawak, seprit jahe, dan aneka ramuan (jamu).

Selain itu pemanfaatan akupresur juga terus disosialisasikan kepada keluarga binaan agar bisa mempraktekkan ketika ada anggota keluarga yang sakit ringan, seperti pusing, batuk atau flu. Tim Penilai Provinsi disambut langsung oleh Bupati Lamongan, Bapak DR. Yuhronur Efendi, MBA beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Bupati Yuhronur menyampaikan bahwa ia dan jajarannya berkomitmen dalam pembentukan ASMAN TOGA dan Akupresur di kabupaten Lamongan, baik melalui penerbitan Perda retribusi pelayanan akupresur di Puskesmas, Surat Edaran Gerakan Jumat Toga, mengalokasikan dana APBN, APBD, Dana Desa untuk ASMAN TOGA dan Akupresur, menyelenggarakan festival ASMAN TOGA dan Akupresur, bahkan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi.

Selain itu, Bupati Yahronir juga berkomitmen untuk mendirikan Griya Sehat, yakni sejenis klinik tradisional yang didalamnya nanti khusus pengobatan tradisional.

Selanjutnya para anggota kelompok ASMAN TOGA dan akupresur Bunga Matahari mempraktekkan keahliannya di depan Tim Penilai dalam membuat ramuan (jamu) dan ketrampilan akupresur. Mereka dinilai dalam hal ketepatan penentuan bahan jamu dan cara pengolahannya serta ketepatan dalam menentukan titik akupresur dan mempraktekannya.

Penilaian ASMAN TOGA dan Akupresur tingkat provinsi ini bertujuan untuk memberikan motivasi pada masyarakat dalam hal ini kelompok ASMAN TOGA dan Akupresur untuk terus berupaya hidup sehat secara mandiri dengan memanfaatkan TOGA dan Akupresur serta melakukan pembinaan pada kelompok Asman sehingga kelompok Asman dapat berjalan secara kontinu dan berkesinambungan serta terbentuk kelompok Asman yg berkualitas.

Asuhan Mandiri melalui pemanfaatan TOGA dan Akupresur merupakan salah satu upaya kesehatan untuk mendukung program prioritas dengan memberikan solusi dan intervensi pada berbagai permasalahan yang ditemukan dalam pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Selain itu, di era pandemi Covid-19 seperti saat ini masyarakat dapat memanfaatkan TOGA dan Akupresur untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara mandiri sebagai salah satu upaya dalam mencegah penularan Covid-19.

Tim Penilai ASMAN TOGA dan Akupresur Kategori Pedesaaan Tingkat Provinsi Tahun 2021 terdiri dari Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Timur.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, perwakilan dari Tim Penggerak PKK Jawa Timur, perwakilan dari UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu serta perwakilan dari Sentra Pengembangan, Penerapan dan Pengobatan Tradisional Jawa Timur. (Sumber Berita: https://dinkes.jatimprov.go.id/index.php?r=site/berita_detail&id=846). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: