Dinkes Kota Solok Gelar Pelatihan TOGA dan Akupresure
Tanggal Posting : Sabtu, 10 April 2021 | 08:03
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 161 Kali
Dinkes Kota Solok Gelar Pelatihan TOGA dan Akupresure
Para peserta Pelatihan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresure yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 april 2021, di aula Dinas Kesehatan Kota Solok.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Dinas Kesehatan Kota Slok adakan Pelatihan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresure bagi kader Kesehatan, acara ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 7-8 april 2021, di aula Dinas Kesehatan Kota Solok.

Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Ardinal, SKM, MKM, beserta staf Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Solok, yang diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari seluruh Kader TOGA Kelurahan se-Kota Solok yang dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Adapun narasumber acara ini dr.Fionaliza.MKM Kepala UPTD BKOM dan Pelkes Provinsi Sumatera Barat, dan Alfiatri Adhaini,SKM, UPTD BKOM dan Pelkes Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Ardinal, SKM, MKM mengatakan Pembangunan kesehatan merujuk kepada Program Indonesia Sehat dengan meletakkan 3 (tiga) pilar kegiatan utama yang salah satu diantaranya adalah paradigma sehat.

“Arah kebijakan kesehatan yang memperkuat upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit serta memberdayakan masyarakat dapat di penuhi salah satunya oleh pelayanan kesehatan tradisional yang berorientasi pada upaya menyehatkan yang sakit dan mempertahankan yang sehat sekaligus meningkatkan kualitas hidup seseorang,” ungkapnya.

Lanjutnya, Ardinal mengatakan melakukan asuhan mandiri merupakan upaya mengubah paradigma pengobatan kuratif menjadi promotof dan preventif, yang bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas bagi keluarga dalam menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Dengan memanfaatkan TOGA dan keterampilan, sehingga diperoleh keluarga sehat secara mandiri.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong, menggerakkan, mengedukasi, dan memotivasi masyarakat untuk memiliki serta memanfaatkan TOGA dan Akupresure untuk asuhan mandiri secara benar,” harap Plt Kadis.

Pengembangan Kesehatan Tradisional melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Keterampilan menyatakan bahwa pelaksanaan asuhan mandiri di masyarakat perlu dilakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan.

“Pelatihan TOGA dan Akupresure Bagi Kader Kesehatan agar masyarakat dapat termotivasi, teredukasi, untuk memiliki serta memanfaatkan TOGA dan akupresure untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan bagi diri sendiri maupun keluarganya,” tutup Ardinal. (Sumber: https://infopublik.solokkota.go.id/dinas-kesehatan-adakan-pelatihan-toga-dan-akupresure-bagi-kader-kesehatan/). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: