Bekam dan Imunitas Tubuh
Tanggal Posting : Minggu, 17 Mei 2020 | 09:19
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 925 Kali
Bekam dan Imunitas Tubuh
Dengan berbekam dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

JamuDigital.Com -PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Pada Webinar Kajian Nasional Series Iman dan Imun yang dilakukan oleh Internasional Islamic Medicine Forum (IIMF) pada, Senin - Jum’at, 11-15 Mei 2020 dengan jumlah 100 peserta yang dimoderatori oleh Ust. Hakimudin dan beberapa orang narasumber:

  • Ust. Kathur Suhardi (Fiqih Puasa dan Puasa Sebagai Nutrisi Ruh Dalam Pandangan Islamic Medicine)
  • Dr. dr. Sagiran, Sp.B(K)KL, M.Kes (Membedah Mukjizat Shalat Untuk Meningkatkan Imunitas)
  • Dr. Retno Anggraini, M. Si., M. Psi (WFH: Bagaimana Fsikologi Ibu?)
  • dr. Susilorini, Sp. PA, M. Si. Med (Tanhik Sebagai Metode Imunitas Terbaik Dalam Pandangan Islamic Medicine)
  • dr. Meity Elvina, SpOG, M. Ked (Mengembalikan Keseimbangan Sistem Makro & Mikro Tubuh Selama Ramadhan)
  • dr. Zaidul Akbar (Puasa Sebagai Iman Booster)
  • Dr. Wahyudi Widada, S. Kp, M. Ked (Stimulasi Imunitas Dengan Bekam)
  • Dr. Joko Suswito, S. Kp, M. Kes (Keajaiban Al-Fatihah Dalam Mengurangi Sakit)
  • Aris Setyawan, S. Kep, MHPe (Corona Strees Dan Islamic Medicine Menjawab)
  • Prof. Dr. dr. Rifki Muslim, Sp. B, Sp. U (Islamic Medicine Sebagai Solusi Menghadapi Pandemi COVID-19)

Berikut ini cuplikan pendapat Dr. Wahyudi Widada, S. Kp, M. Ked pada saat berlangsungnya webinar, Kamis, 14 Mei 2020 dengan tema " Stimulasi Imunitas Dengan Bekam ":

Sudah banyak penelitian di dunia yang membahas tentang bekam bagi kesehatan. Pria yang terkenal dengan kajian yang membahas seputar nutrisi dan keislaman ini bahkan memiliki beberapa temannya yang meneliti secara langsung metode bekam.

Ada satu garis besar yang bisa diambil dari berbagai penelitian yang ada. Bekam bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Cara ini untuk ’memagari’ tubuh agar seseorang tak mudah terserang penyakit. Bekam juga terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Berita Terkait: Shalat Dapat Meningkatkan Imunitas

"Ada penelitian-penelitian banyak sekali saat ini beredar dan teman-teman, sahabat-sahabat saya pun ternyata meneliti. Ternyata bekam mampu meningkatkan respon imunitas spesifik dan nonspespesifik pada tubuh kita," kata Dr. Wahyudi Widada, S. Kp, M. Ked.

Tapi, ia mengatakan ada waktu tertentu yang dianjurkan untuk berbekam. Jika dilakukan rutin, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini mengatakan ada manfaat besar yang dirasakan tubuh.

"Jadi, dengan berbekam rutin setiap bulan sesuai petunjuk Nabi Muhammad SAW, yaitu pada tanggal 17, 19, atau 21 setiap bulan Islam, maka itu memberi efek sangat luar biasa kepada tubuh kita," ungkap Dr. Wahyudi Widada, S. Kp, M. Ked.

Bekam sendiri adalah sunnah Nabi Muhammad SAW. Bahkan, bekam diriwayatkan dalam hadits sahih sebagai pesan yang disampaikan malaikat di langit saat Nabi Muhammad SAW melaksanakan Isra Miraj.

"Ketika Nabi (Muhammad) SAW diisra’ mirajkan oleh Allah SWT itu ternyara para malaikat-malaikat yang berkumpul di Sidratal Muntaha berpesan kepada Nabi Muhammad SAW. Mereka berpesan apa? Ya Muhammad, perintahkanlah umatmu untuk berbekam," tutur Dr. Wahyudi Widada, S. Kp, M. Ked.

"Pesan bekam atau perintah utama ini sudah didapatkan Nabi kita (Muhammad) SAW di langit ketiga ketika beliau Isra Miraj. Kalau malaikat mengatakan itu, pastinya kalimat yang muncul dari perintah Allah SWT karena malaikat tidak akan bicara apapun kecuali atas perintah Allah SWT," ucap Dr. Wahyudi Widada, S. Kp, M. Ked.

Berbekam pun jadi salah satu yang disarankan di tengah kondisi saat ini. Sebab, dunia kini dilanda pandemi virus corona atau COVID-19. Bekam bisa jadi pelengkap di antara berbagai pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus tersebut, termasuk virus lainnya.

"Mudah-mudahan hijamah atau bekam ini menjadi solusi di saat sekarang ini dimana kita tahu bahwa virus corona melanda di berbagai tempat. Orang sibuk membeli hand sanitizer (dan pencegahan) lain, enggak apa-apa, itu bagian dari ikhtiar," jelasnya.

"Tapi, kita perlu juga melakukan ikhtiar langit atau solusi langit yang diajarkan Baginda Nabi Muhammad SAW, yaitu berbekam atau hijamah yang Nabi menyebutkan berbekam pada tanggal 17, 19, atau 21 setiap bulan Islam itu akan menyembuhkan berbagai penyakit," tutur Dr. Wahyudi Widada, S. Kp, M. Ked.

Secara umum bekam terbagi dua, yaitu bekam kering dan bekam basah. Pada bekam kering, seseorang yang diterapi tidak akan mengeluarkan darah. Sedangkan pada bekam basah, seseorang akan mengeluarkan darah kotor pada area yang dipasang alat bekam.

Prinsipnya, bekam ini menggunakan semacam cangkir yang dipanaskan sehingga akan membuat kulit seseorang tersedot. Pada bekam basah, kulit yang akan dibekam akan disayat atau sedikit ditusuk menggunakan jarum. Sehingga, saat dibekam, darah akan keluar.

Saat ini, banyak tempat bekam yang menggunakan alat bekam yang menggunakan pompa. Sehingga, ada kop atau semacam cangkir khusus yang dipakai. Tapi, ada juga yang melakukannya dengan alat tradisional, misalnya menggunakan tanduk kerbau.

Untuk memilih tempat berbekam, sebaiknya kamu memilih yang higienitasnya terjamin ya, termasuk tentu peralatannya. Hal ini untuk mencegah kamu terkena infeksi atau justru malah terkena berbagai penyakit. Pada tempat bekam yang ideal, peralatan yang digunakan biasanya sekali pakai, terutama jarum. Peralatan lain juga selalu disterilkan.

Bekam sendiri mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari tekanan darah tinggi, migrain, masalah kesubuhan dan gangguan kandungan, penyumbatan saluran pernapasan, hinga depresi. Tapi, bekam juga berdampak baik untuk imunitas sebagai langkah pencegahan penyakit. Redaksi JamuDigital.Com.

 


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: