Tips Menanam dan Merawat Jahe dalam Polibag
Tanggal Posting : Minggu, 28 Februari 2021 | 08:41
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 419 Kali
Tips Menanam dan Merawat Jahe dalam Polibag
Tanaman jahe merupakan tanaman obat keluarga yang dapat dibudidayakan dengan menggunakan polibag.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Jahe telah lama dijadikan sebagai tanaman obat keluarga. Jahe biasa dibudidayakan dalam skala besar dikarenakan waktu panennya yang memakan waktu hingga lebih dari sepuluh bulan. Budidaya jahe dapat membawa hasil memuaskan apabila ditanam pada tanah yang subur, gembur, dan banyak mengandung humus.

Jika tidak mempunyai lahan yang terlalu luas, maka bisa dengan memanfaatkan pekarangan rumah atau taman dan halaman belakang rumah untuk melakukan penanaman jahe. Namun, jahe juga bisa di tanam di dalam polybag.

Menanam Jahe dalam polibag perlu memperhatikan banyak hal dan ketelatenan. Mulai dari pemilihan bibit hingga perawatannya. Berikut ini adalah cara menanam dan merawat tanaman jahe dalam polybag:

Persiapkan Bibit Jahe
Gunakan bibit jahe dari tanaman yang sehat dan tidak terinfeksi penyakit. Sebaiknya gunakan rimpang jahe dari tanaman yang sudah tua, berusia 9 atau 10 bulan, karena itu merupakan rimpang yang baik untuk bibit.

Persiapkan Media Tanam
Persiapkan polybag sesuai kebutuhan, minimal berukuran diameter 40 cm. Media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 atau sesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah.

Cara Menaman Bibit Jahe Di Polibag
Sebaiknya melakukan penaman di awal musim hujan, yakni awal September atau Oktober. Ini karena tanaman jahe perlu banyak air untuk pertumbuhan.

Cara Pemeliharaan
Penyiraman: Penyiraman dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Penyulaman: Jika terdapat bibit yang tidak tumbuh atau mati segera lakukan penyulaman. Pemupukan susulan: Pemupukan susulan dilakukan saat tanaman berumur dua, empat, dan enam bulan. Sebaiknya gunakan pupuk organic, seperti kompos atau pupuk kandang.

Pengendalian Hama Penyakit Tanaman
Pengendalian hama dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan tanaman dan penyemprotan insektisida.

Masa Panen dan Cara Panen
Panen dapat dilakukan saat tanaman berusia 9 atau 10 bulan. Ciri-ciri tanaman yang cukup umur dipanen adalah batang dan daunnya mongering. (Sumber: Infografis Instagram Kementerian Pertanian Republik Indonesia). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: