BBPOM Bandung Gelar Bimtek Internal CPOTB Dasar
Tanggal Posting : Jumat, 9 April 2021 | 08:43
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 1186 Kali
BBPOM Bandung Gelar Bimtek Internal CPOTB Dasar
Dra. Sri Sayekti Sulisdiarto, Apt., sebagai narasumber dalam Bimtek Internal CPOTB Dasar yang diselenggarakan BBPOM Bandung, 5-7 April 2021.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Pada tanggal 5-7 April 2021 BBPOM di Bandung mengadakan Bimtek Internal CPOTB Dasar. Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana untuk mensosialisasikan pedoman CPOTB terbaru yang mengacu pada standar internasional terkini yaitu PIC/S dan WHO.

Perubahan cukup signifikan terdapat ada beberapa aspek penting diantaranya aspek manajemen mutu, kualifikasi dan validasi dan penambahan 4 aneks. Agar inspektur lebih memahami perubahan tersebut, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Bandung mengadakan Bimtek Internal CPOTB Dasar.

Kegiatan ini diikuti secara daring oleh peserta yang berasal dari BBPOM di Bandung, serta peserta dari Loka POM Kabupaten Bogor dan Kota Tasikmalaya. Bimtek Internal dibuka secara langsung oleh Plt Kepala BBPOM di Bandung, Ibu Sofiyani Chandrawati, S.Si., Apt., M.Si.

Dalam sambutan dan arahan, Ibu Plt Kepala Balai mengharapkan agar para peserta Bimtek dapat memahami pedoman CPOTB terbaru serta lebih optimal dalam melakukan proses pengawasan produk obat tradisional dan suplemen kesehatan yang beredar.

Narasumber pada kegiatan Bimtek ini yaitu Ibu Angelia Puspita Nugraheni S. Farm, Apt selaku Subkoordinator SubKelompok Substansi Inspeksi fasilitas Produksi dan Distribusi Obat Tradisional, Obat Kuasi dan Suplemen Kesehatan yang memaparkan materi tentang Pelaporan dan Tindak Lanjut hasil pengawasan serta Keanggotaan Indonesia dalam Forum Internasional (PIC/S).

Selain itu, BBPOM di Bandung juga mengundang narasumber Tim Ahli CPOTB yaitu Ibu Dra. Widiastuti Adiputra, Apt dan Ibu Dra. Sri Sayekti Sulisdiarto, Apt yang memaparkan Rancangan Pedoman CPOTB terbaru termasuk 4 aneks yaitu Sistem Komputerisasi, Cara Pembuatan Bahan Aktif Obat Tradisional yang Baik, Sampel Pembanding dan Sampel Pertinggal dan Manajemen Resiko Mutu.

Pemaparan materi yang jelas dan sistematis membuat peserta Bimtek sangat antusias dan tertarik dalam mengikuti kegiatan sehingga suasana diskusi tercipta hangat sampai akhir acara. Pada penutupan acara, Ibu Plt Kepala BBPOM di Bandung berpesan agar peserta bimtek dapat terus meningkatkan kompetensi dan mengembangkan diri berbekal pengetahuan yang sudah didapati selama Bimtek.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Plt Kepala BBPOM di Bandung kepada peserta yang paling aktif selama Bimtek dan peserta dengan hasil penilaian tertinggi. (Sumber: https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/21763/PENINGKATAN-KOMPETENSI--BBPOM-BANDUNG-GELAR-BIMTEK-INTERNAL-CPOTB-DASAR.html). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: