Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur
Tanggal Posting : Jumat, 21 Mei 2021 | 09:37
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 366 Kali
Tips Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur
Asupan buah dan sayur secara rutin dapat meningkatkan performa otak anak.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Masa pertumbuhan anak merupakan masa dimana saatnya orangtua harus benar-benar memperhatikan asupan gizi yang diterima oleh si kecil. Dalam hal ini, pastinya kita harus bisa memilih asupan gizi yang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Salah satu asupan gizi yang wajib diberikan kepada anak yaitu asupan buah dan sayur secara rutin yang dapat meningkatkan performa otak, sebagai sumber utama antioksidan hingga mengurangi risiko penyakit pada anak. Yuk simak tips agar anak mau makan buah dan sayur berikut ini:

1. Sajikan buah dengan potongan menarik
Salah satu penyebab anak susah makan buah adalah karena mereka tidak tertarik dengan potongan buah yang biasa-biasa saja. Jadi, mengkreasikan tampilan buah dan sayur dengan bentuk yang unik dapat membuat anak lebih tertarik. Oleh karena itu, Anda perlu belajar untuk menghidangkan potongan buah dengan bentuk yang cukup unik.

Potong dan susun buah dan sayur menjadi karakter yang ia sukai seperti memotong apel menjadi berbentuk mencetak semangka dan nanas menjadi berbentuk bintang yang kemudian ditusuk sehingga menjadi sate buah. Dari sini persepsi anak akan mulai berubah bahwa rupanya buah-buahan tidak ’semengerikan’ yang dia bayangkan selama ini.

2. Kenalkan buah yang manis terlebih dulu
Penyebab anak susah makan di antaranya adalah karena trauma dengan rasa asam dari buah-buahan yang pertama kali mereka coba. Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, sepat, atau kurang menarik pada anak.

Buah-buahan dengan rasa manis umumnya lebih disukai anak karena anak suka dengan rasa yang manis-manis. Jadi pastikan untuk mengenalkan buah-buahan dengan rasa yang segar dan manis terlebih dahulu seperti semangka, pisang, atau pepaya.

3. Modifikasi ke bentuk lain
Kreasi Anda dalam menyajikan buah dan sayur juga termasuk jurus yang bisa membuat si kecil menyukai buah dan sayur. Kreasi unik dari buah-buahan sebenarnya termasuk beragam dan bermacam-macam rupa. Kemajuan teknologi yang begitu pesat, memungkinkan Anda dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja. Hal ini akan membantu Anda menemukan berbagai referensi untuk kreasi resep dengan bahan utama buah dan sayur.

Ini bias membantu Anda dalam menyajikan sajian buah dan sayur dalam bentuk yang berbeda. Ingat, anak sering penasaran akan hal baru. Tentunya cara kreatif tersebut bisa Anda pelajari dan gali sendiri. Ini bias menambah kegemaran anak dalam mengonsumsi buah dan sayur nantinya. Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan dengan membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding, dan sebagainya.

4. Ajak si kecil berpartisipasi
Mengajak serta anak saat mempersiapkan buah dan sayur juga dapat dilakukan supaya anak lebih tertarikuntuk mencoba memakan buah. Ajak anak untuk mengupas buah atau mencuci sayur. Begitu selesai mengupas buah dan mencuci sayur, ajak pula anak untuk menyajikan buah dan sayur yang akan dimakan.

Biasanya anak akan lebih bersemangat untuk menikmati hasil dari usahanya. Jangan lupa berikan pujian pada anak atas keberhasilannya dalam menyiapkan buah dan sayur tersebut. Jangan segan untuk ikut makan buah bersama karena dengan demikian anak akan merasa aman bahwa apa yang dia makan tidak berbahaya. Demikian tips agar anak mau makan buah dan sayur. Selamat mencoba! (Sumber Berita: Infografis Instagram @farmalkes). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: