Rempah Ini Dapat Menurunkan Gula Darah
Tanggal Posting : Rabu, 19 Januari 2022 | 10:42
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 189 Kali
Rempah Ini Dapat Menurunkan Gula Darah
Rempah penurun gula darah bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Foto Ilustrasi/Freepik

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. JAKARTA - Rempah penurun gula darah bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Mengonsumsinya secara rutin akan sangat membantu Anda menurunkan kadar gula darah yang meninggi.

Dalam hidangan khas Nusantara, rempah-rempah memainkan peranan penting sebagai bumbu penyedap masakan. Namun selain fungsi rasa, beberapa rempah ternyata juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menurunkan kadar gula darah.

Lantas, rempah-rempah apa sajakah itu? Berikut lima di antaranya, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (16/1/2022).

1.      Kayu Manis

Rempah yang biasa dijumpai dalam campuran minuman hingga olahan dessert seperti puding, klappertart, dan lain-lain ini memiliki fungsi untuk menambahkan cita rasa manis.

Namun, ternyata kayu manis termasuk salah satu bahan makanan yang mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Hal ini karena kayu manis mengandung zat polifenol yang berfungsi untuk merangsang kepekaan insulin sehingga mampu mengendalikan glukosa pada darah.

2.      Bawang Putih

Bawang putih adalah rempah yang selalu hadir dalam hampir setiap hidangan main course seperti sayuran hingga lauk-pauk. Bahan bumbu ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah dalam tubuh lho!

Bawang putih bisa meningkatkan kadar insulin dan secara signifikan menurunkan glukosa dalam darah. Selain itu, rempah satu ini juga baik untuk diet karena dapat menurunkan kolesterol.

3.      Jahe

Di balik rasanya yang agak pedas dengan aroma serta cita rasa yang menyengat cukup tajam, jahe dipercaya sebagai salah satu rempah-rempah yang paling kaya khasiat.

Jahe banyak digunakan untuk bahan obat herbal sebagai upaya mengatasi masalah kesehatan seperti masuk angin hingga pencernaan. Selain itu, rempah satu ini juga mengandung efek antigliserin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat hingga menstabilkan kadar gula dalam darah.

4.      Cengkeh

Rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu penyedap rasa sekaligus aroma makanan ini juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa cengkeh mengandung 30% fenol antioksidan, antosianin, dan quercetin yang mampu mengontrol kadar gula darah serta menjaga kesehatan jantung dan hati.

5.      Ketumbar

Seperti jahe, salah satu rempah-rempah tertua di dunia ini juga kerap digunakan sebagai terapi kesehatan seperti menjadi bahan obat herbal dan sebagainya.

Salah satunya adalah biji ketumbar yang mengandung efek antihiperglikemik yang bisa membuat kadar gula darah tetap stabil. Bahkan biji dan daun rempah-rempah ini juga banyak digunakan sebagai terapi diabetes dengan cara direbus lalu airnya diminum. (Sumber Berita: https://lifestyle.sindonews.com/read/658307/155/5-rempah-penurun-gula-darah-salah-satunya-kayu-manis-1642320116?showpage=all). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: