Ramuan Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Tanggal Posting : Minggu, 20 September 2020 | 08:19
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 385 Kali
Ramuan Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Temu Ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.) memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak. Simak cara pembuatan ramuannya.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Bagi orangtua yang memiliki anak yang susah makan, temu ireng mungkin bukan tanaman yang aneh di telinga. Pasalnya, salah satu manfaat temu ireng yang paling tersohor di Indonesia memang dijadikan jamu cekok untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Seperti namanya, temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.) merupakan tanaman temu-temuan yang memiliki rimpang berwarna gelap atau kehitaman. Ia merupakan tumbuhan semak yang tingginya bisa sampai 2 meter, memiliki batang berwarna hijau dan agak lunak karena merupakan batang semu yang tersusun atas kumpulan pelepah daun.

Temu ireng tumbuh subur di tanah air. Di Sumatera, temu ireng dikenal dengan nama temu erang, di Sunda dikenal dengan nama koneng hideung, temu ereng (Madura), temu leteng (Makasar), maupun temu lotong (Bugis).

Berita Terkait: Manfaat Teh Daun Gambir

Berita Terkait: Ramuan Tradisional Antiemetik

Pemanfaatan temu ireng sebagai jamu atau obat tradisional khas Indonesia bukan lagi rahasia. Penelitian telah mengungkap bahwa mereka kaya akan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba.Selain itu, tanaman rimpang yang satu ini juga mengandung minyak atsiri sebanyak 2 persen. 

Meski rimpangnya berwarna hitam, temu ireng juga mengandung zat pewarna kuning alias kurkuminoid, yakni kurkumin 62 persen dan desmetoksikurkumin 38 persen.Temu ireng juga terbukti mengandung alkaloid, saponin, pati, damar atau getah, dan lemak. Berikut ini cara membuat ramuan meningkatkan nafsu makan anak:

Bahan-bahan:

  • Rimpang temu ireng 5 gram
  • Herba tapak liman 5 gram
  • Daun pepaya 3 gram

Cara pembuatan dan penggunaan:

Dibuat infusa dan diminum 2x sehari setelah makan (Sumber: Buku "Vademakum Tanaman Obat untuk Saintifikasi Jamu", Kementerian Kesehatan RI., Tahun: 2012, Hal. 65). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: