Manfaat Teh Daun Gambir
Tanggal Posting : Sabtu, 19 September 2020 | 08:57
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 446 Kali
Manfaat Teh Daun Gambir
Teh Daun Gambir memiliki manfaat untuk obat, apa saja ya manfaatnya. Simak aneka kegunaannya.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA.  Teh umumnya terbuat dari daun Camellia sinensis L, setelah melalui proses pengeringan, pengecilan ukuran dan pengemasan dalam kantung teh atau tidak dikemas.

Namun akhir-akhir ini telah banyak dikembangkan teh herbal yang terbuat dari berbagai bagian tanaman seperti daun, bunga, biji, akar yang mempunyai manfaat bagi tubuh, terutama untuk meningkatkan kesehatan. Salah satunya adalah teh dari daun gambir.

Daun gambir (Uncaria gambier), termasuk dalam famili Rubiaceae, lebih umum diolah menjadi sejenis produk getah yang dikeringkan. Produk ini banyak diekspor dan Indonesia merupakan produsen dan eksportir gambir nomor satu di dunia.

Daun gambir mempunyai kandungan senyawa polifenol yang cukup tinggi, sama seperti senyawa yang terdapat di dalam daun teh (C. sinensis). Banyak hasil penelitian menyatakan bahwa senyawa polifenol bersifat sebagai antioksidan.

Antioksidan dapat menghambat dan menangkap radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh, sehingga mencegah timbulnya penyakit infeksi dan generatif. Daun gambir memiliki potensi sebagai bahan pembuatan minuman teh yang bermanfaat bagi kesehatan.

Komponen Aktif dan Manfaat

Sifat antioksidan dari daun gambir disebabkan oleh kandungan senyawa polifenol seperti tanin, katekin dan gambirin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya antioksidan akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung, kanker dan proses degeneratif penuaan.

Berita Terkait: Manfaat Obat, Tanaman Patikan Kebo

Berita Terkait: Membuat Antiseptik Alami Daun Sirih


Pembuatan Produk
Dalam pembuatan teh daun gambir ada 2 tahapan proses yang diperlukan, yaitu pengolahan bahan baku gambir dan pembuatan teh. Pengolahan bahan baku dimulai dengan mengurangi senyawa asam katekutanat yang tidak diinginkan karena akan mengiritasi lambung.

Daun gambir dirajang, direndamdalam air dingin selama sekitar 60 menit, lalu ditiriskan. Daun selanjutnya dikeringkan dengan sinar matahari langsung atau menggunakan oven dengan suhu 40°C. Daun gambir kering dikemas dalam wadah yang kedap udara atau dalam kantong plastik.

Proses pembuatan teh daun gambir dilakukan dengan menggiling kasar daun gambir yang telah dikeringkan. Selanjutnya serbuk daun gambir dimasukkan ke dalam wadah kedap udara dan ditaburi bunga melati, lalu didiamkan selama satu malam.

Bunga melati yang telah layu diambil dan dikeringkan, kemudian dicampurkan kembali kedalam serbuk daun gambir. Serbuk campuran daun gambir dan bunga melati ditimbang sebanyak 2 gram dan dimasukkan ke dalam kantung teh.

Cara Konsumsi dan Efek Samping
Minuman teh daun gambir dapat diminum seperti teh pada umumnya. Dosis yang tepat dan efek samping belum pernah didokumentasikan. Hasil uji toksisitas katekin terhadap hewan uji menunjukkan tidak adanya adanya efek toksik pada hewan coba.

Dapat disimpulkan tidak ada efek samping yang berbahaya bagi kesehatan pada penggunaan dosis terapi dan pemakaian yang benar. (Sumber: Buku "Bahan Pangan Potensial untuk Anti Virus dan Imun Booster", Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Kementerian Pertanian RI., tahun: 2020, hal: 12-13). Redaksi JamuDigital.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: