Khasiat Tanaman Kembang Merak Obati Diare
Tanggal Posting : Jumat, 30 April 2021 | 07:18
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 255 Kali
Khasiat Tanaman Kembang Merak Obati Diare
Simak artikel dibawah ini, agar mengetahui cara mengobati diare dengan Tanaman Kembang Merak.

JamuDigital.Com-Media Jamu, Nomor Satu. Selain bisa mempercantik pekarangan, tanaman Kembang Merak juga berkhasiat sebagai obat. Mulai dari bunga, daun hingga akarnya masing-masing bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diare.

Tanaman Kembang Merak (Caesalpiniae Cortex) mudah dikenali dari bunganya yang didominasi warna merah dan kuning menyala, kontras dengan daunnya yang berwarna hijau cerah. Tidak perlu perawatan khusus, tanaman ini sangat mudah hidup di pekarangan rumah.

Tanaman Kembang Merak berupa perdu, tinggi 2-4 m, bunga kuning atau merah, benang sari sangat panjang, polong tidak berduri. Memiliki bau tidak sedap; rasa mula-mula kelat, lama-lama menimbulkan rasa tebal di lidah.

Kayunya berwarna putih, padat dan liat, pada batang yang telah tua kayu warnanya merah muda atau merah api, mirip dengan kayu sapan. Tanaman Kembang Merak diyakini berasal dari India Barat dan daerah tropis Amerika dan sudah dibudidayakan secara luas di dunia.

Di Indonesia Kembang Merak tersebar di pulau Jawa di hutan jati, hutan campuran dan hutan kecil di pedesaan pada ketinggian antara 0,5 -1050 meter diatas permukaan laut. Kadang-kadang ditanam sebagai pohon hias.

Tanaman Kembang Merak bunga mengandung asam gallat, asam benzoat, resin. Daun mengandung alkaloid, tannin, glikosida, kalsium oksalat. Batang mengandung plumbangin, plumbagol, zat samak, alkaloid, saponin, tannin, resin, kalsium dan oksalat.

Menurut efek farmakologi Glikosida dan terpenoid pada kulit kayu Kembang Merak memiliki efek antimikroba yang signifikan terhadap bakteri Bacillus aureus dan Shigella dysentriae dengan MIC (Minimum Inhibitory Concentratiori) 64 dan 32 ug/mL. Telah diteliti pemeriksaan sifat kerja infus kulit batang Kembang Merak sebagai antidiare terhadap ileum marmut jantan secara terpisah.

Penyiapan dan Dosis:
Untuk mengobati diare, dapat digunakan 15 gram kulit batang Bunga Merak yang ditumbuk halus lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian disaring dan airnya diminum selagi hangat. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Ketiga Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 207, Halaman: 12-13). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: