Ragam Manfaat Tanaman Kecubung
Tanggal Posting : Senin, 29 November 2021 | 06:41
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 757 Kali
Ragam Manfaat Tanaman Kecubung
Berikut ini ragam manfaat tanaman Kecubung.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Meski namanya telah dikenal banyak orang, namun manfaat tanaman Kecubung belum banyak didengar orang. Manfaat tanaman Kecubung tersebut belum banyak didengar, karena masih tertutupnya oleh stigma buruk terhadap fungsi dari Daun Kecubung.

Tanaman Kecubung (Datura fastuosa) memiliki banyak kandungan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh anggota tubuh manusia untuk mengobati penyakit yang mengganggu pada kesehatan tubuh. Dikutip dari Buku Saku Tanaman Obat, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian RI. Berikut ini ragam manfaat tanaman Kecubung:

Bengkak: Daun Kecubung segar secukupnya; minyak kelapa secukupnya, daun dibasahi dengan minyak kelap, kemudian dipanggang lalu diremas, ditempelkan pada kulit yang bengkak

Infeksi telinga: Buah Kecubung 1 buah; minyak jaitun/kelapa secukupnya, Buah Kecubung dikeluarkan isinya lalu dipipis halus dan dicampur dengan minyak tadi lalu dimasukkan kembali pada kelontongannya lalu dipanasi sebentar hingga minyaknya panas; lalu diperas dengan kain, Minyak yang keluar kita gunakan untuk menetesi kuping yang sakit.

Sembelit: Daun Kecubung beberapa helai; Minyak kelapa sedikit, Diremas-remas, Letakkan remasan daun tersebut di perut.

Ketombe: Daun Kecubung (kering)7 helai; Minyak kelapa 5 sendok makan, Masukkan dalam botol dan tutup; kemudian dipanaskan di bawah sinar matahari selama 7 hari, Dioleskan pada kulit kepala 2 kali sehari; pagi; sore.

Reumatik: Daun Kecubung segar 14 helai; Minyak kelapa 10 sendok makan, Daun kecubung dirajang dan dijemur kemudian ditambah minyak kelapa, simpan campuran tersebut selama 3 hari. Peras dan pisahkan minyaknya kemudian dihangatkan, Gosokkan pada bagian yang nyeri; bila perlu; tambahkan sedikit minyak kayu putih.

Terkilir: Daun kecubung 14 helai; Sereh (dicacah halus)2 buah; Minyak kelapa 2 gelas, Campuran dididihkan lalu disimpan semalam di tempat tertutup. Campuran dipisahkan; minyaknya dihangatkan, Gosokkan pada bagian yang nyeri. (Sumber: Buku “Saku Tanaman Obat”, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian RI., Tahun 2021, Hal. 35-36). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: