Ragam Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Jumat, 7 Mei 2021 | 08:39
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 307 Kali
Ragam Khasiat Temu Kunci untuk Kesehatan
Temu Kunci memiliki beragam khasiat diantaranya: untuk peluruh dahak/untuk menanggulangi batuk, peluruh kentut, penambah nafsu makan, dan pemacu keluarnya ASI.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Khasiat Temu kunci (Boesenbergiae Panduratae) yang selama ini diketahui hanyalah sebagai bumbu penyedap makanan. Padahal tanaman ini juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Tumbuhan ini merupakan herba, semusim dengan tinggi ± 50 cm, batangnya semu membentuk rimpang berwarma kuning keputih-putihan. Daun tunggal dengan ujung runcing, tepi rata, panjang 12-50 cm dan lebar 5-11 cm, berwama hijau.

Bunga majemuk, bentuk tandan atau bulir, melekat pada tandan, ujung kelopak rata, panjang 50-52 mm, bagian atas berbelah, bentuk lanset, panjang ± 12 mm, lebar ± 4 mm, mahkota bentuk tabung, bergerigi, panjang 2-18 mm, merah atau putih kekuningan. Berakar serabut dengan warna putih kekuningan.

Tumbuhan ini berasal dan daerah tropis dataran rendah. Berbunga pada bulan Januari-Februan dan April-Juni. Temu Kunci tumbuh liar pada dataran rendah, di hutan-hutan jati. Tumbuh baik pada iklim panas dan lembab pada tanah yang relatif subur dengan pertukaran udara dan tata air yang baik.

Pada tanah yang kurang baik tata airnya (tanah terlalu basah) pertumbuhan akan terganggu dan rimpang cepat busuk. Temu Kunci dapat dibudidayakan di tanah berkapur bergerombol. Pemanenan dilakukan setelah berumur 1 tahun. Rimpang Temu Kunci mengandung saponin dan flavonoid, disamping minyak atsiri.

Masyarakat menggunakan rimpang Temu Kunci untuk peluruh dahak/untuk menanggulangi batuk, peluruh kentut, penambah nafsu makan, bumbu masak, pemacu keluarnya air susu ibu (ASI). Sedangkan daunnya berkhasiat sebagai obat sariawan. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 30-31). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: