Ragam Khasiat Tanaman Pegagan
Tanggal Posting : Jumat, 2 April 2021 | 08:05
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 267 Kali
Ragam Khasiat Tanaman Pegagan
Pegagan memiliki beragam khasiat diantaranya: mengurangi pikun, menyembuhkan luka, dan mengobati wasir.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Pegagan atau Centella asiatica merupakan salah satu tanaman liar yang banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. Tanaman ini dikenal memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Pegagan umumnya merupakan gulma yang tumbuh di ladang. Tanaman menahun dengan batang menjalar ini memiliki bentuk daun yang unik seperti "kaki kuda”. Pegagan memiliki variasi ukuran daun yang beranekaragam.

Tanaman yang bersifat agropolit ini tersebar luas di seluruh Indonesia dari dataran rendah hingga ketinggian 2500 mdpl, pada daerah kering ataupun lembab, di tempat yang ternaungi ataupun lahan terbuka.

Pegagan dikenal sebagai tanaman "brain fonic”, karena rebusan daun ataupun herbanya diminum oleh manula untuk mengurangi terjadinya “pikun”. Kandungan utama herba Pegagan adalah triterpen asam asiatat, asam madekasat, asam madesianat, glikosid asiatkosid, madekakosid.

Herba Pegagan juga dikenal karena pada penggunaan topikal mampu menyembuhkan luka dan mencegah terjadinya “keloid”. Pegagan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien yang memiliki gangguan fungsi hati.

Pegagan juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu selama masa hamil karena berpotensi memiliki efek abortifum. Rebusan herba Pegagan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, rabusan herba Pegagan juga digunakan untuk mengobati wasir. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 40-41). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: