Ragam Khasiat Daun Urang Aring
Tanggal Posting : Sabtu, 29 Mei 2021 | 06:56
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 600 Kali
Ragam Khasiat Daun Urang Aring
Daun Urang Aring memiliki beragam khasiat diantaranya: mencegah Iipidemia, aterosklerosis, mengobati penyakit ginjal, memiliki aktifitas hipolipidemik dan sebagai hepatoprotektor.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Khasiat Daun Urang Aring lebih populer sebagai minyak untuk rambut. Tak hanya sebagai minyak untuk rambut, ternyata Daun Urang Aring memiliki beragam khasiat. Daun Urang Aring yang memiliki nama latin Ecliptae Folium merupakan daun dari tanaman Eclipta alba Hassk.

Urang Aring termasuk dalam famili Asteraceae, dapat dijumpai di daerah tropik dan subiropik. Tumbuhan tahunan yang kecil dan cabang tegak, dipenuhi bulu lembut dan sering kali pada node muncul akar.

Daun tidak bertangkai, letak berhadapan, bulat memanjang, berbentuk lanset atau lonjong dengan panjang 2.5-7 5cm. Di Asia Urang Aring secara emping telah digunakan untuk mencegah Iipidemia dan aterosklerosis. Namun mekanisme yang mendasari dari aktifitasnya belum secara jelas diketahui.

Tumbuhan ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit ginjal. Urang aring memiliki peranan penting dalam pembentukan tulang rawan dan ekstrak daunnya memiliki aktifitas hipolipidemik. Urang Aring banyak mengandung asam askorbat dan mengandung aikaloid ekliptin.

Tumbuhan ini juga menjadi sumber yang baik turunan thiopen yang memiliki aktifitas nematisidal. Selain itu juga mengandung monodi, dan trithiopen asetilen barsama-sama dengan terthenil yang sangat penting.

Bagian atas tumbuhan ini mengandung aldehid trithienil, ekliptal, stigmasterol, dan β-sitosterol. Akarnya kaya akan tiofen asetilen. α-terthienil yang diisolasi dari tumbuhan ini memilik khasiat sebagai hepatoprotektor. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 74-75). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: