Ragam Khasiat Daun Poko
Tanggal Posting : Selasa, 13 April 2021 | 07:19
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 267 Kali
Ragam Khasiat Daun Poko
Daun Poko memiliki beragam khasiat diantaranya: mengobati batuk, pilek, sakit kepala, bengkak dan sakit gigi.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Daun Poko (Mentha arvensis L.) adalah jenis lain dalam keluarga mint yang sering digunakan dalam ramuan obat tradisional. Tanaman ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Daun Poko merupakan rumput-rumputan yang berbau wangi ini tingginya 0,30-0,50 m. Tanaman ini berkepala bunga bundar, berbentuk melingkar, berwarna putih keunguan dan memiliki daun bercabang. Daunnya bersilang, tangkainya berbentuk persegi, bunganya berbibir dua dengan 4 benang sari, dan berbuah terbagi empat.

Tanaman ini ditanam dan hidup liar di India dan Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Sedangkan jenis hibrida diimpor dari Eropa. Di Indonesia tanaman ini tumbuh liar dan berbeda di tempat lembab, ditemukan pada ketinggian 150-1200 mdpl.

Tumbuhan ini mengandung minyak yang mudah menguap (minyak Poko), menthol, pulegon, menthon, menthonon dan limonene. Meskipun minyak yang berasal dari Daun Poko pulegnonnya banyak, tetapi kandungan mentholnya lebih sedikit dibanding minyak pepermint (M.Piperita).

Minyak yang mudah menguap dari tumbuhan ini bermanfaat sebagai antikejang dan secara in vitro (dalam labolatorium) telah terbukti sebagai obat antikuman dan anticendawan. Daun Poko yang ditumbuk dan dicampur dengan kapur digunakan sebagai obat luar untuk sakit kepala.

Daun Poko diminum sebagai obat batuk. Seduhan daun jga digunakan sebagai obat kembung dan antikejang dalam kasus gastro-enteritis (pembengkakan selaput perut dan usus). Seluruh bagian tumbuhan (setelah dimasak) dimanfaatkan sebagai obat pilek, sakit kepala, bengkak, dan sakit gigi. (Sumber: Buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI., Halaman 122-123). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: