Nominasi Budaya Sehat Jamu sebagai Calon Warisan Tak Benda Dunia UNESCO
Tanggal Posting : Selasa, 15 Maret 2022 | 08:25
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 161 Kali
Nominasi Budaya Sehat Jamu sebagai Calon Warisan Tak Benda Dunia UNESCO
Pers Conference Penyerahan Dokumen ICH 02 sebagai Warisan Tak Benda Dunia UNESCO Tahun 2022.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. GP Jamu mengadakan Pers Conference tentang Penyerahan Dokumen ICH 02 sebagai Warisan Tak Benda Dunia UNESCO Tahun 2022. Berdasarkan Pengumuman Direktur Perlindungan Kebudayaan Tentang Hasil Seleksi Usulan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke UNESCO pada tanggal 18 Februari 2022, dimana Budaya Sehat Jamu adalah salah satu usulan yang direkomendasikan.

Untuk itu, pada 14 Maret 2022, Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu, telah resmi menyerahkan beberapa dokumen seperti yang sudah disyaratkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Kerja Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu telah bekerja keras menyusun dokumen nominasi form ICH 02 sejak bulan Juni 2021. Tim telah bekerja sesuai dengan standard UNESCO, mendengar langsung dari komunitas Budaya Sehat Jamu.

Tim sudah berkeliling ke 4 Provinsi di Indonesia (Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan DKI Jakarta) dan mewawancarai ratusan pelaku langsung dari komunitas Budaya Sehat Jamu. Tak lupa, riset juga mendapat dukungan dari beberapa ilmuwan dan budayawan seperti Dr. BRA Mooryati Soedibyo, Jaya Suprana dan masih banyak lagi.

Tim juga sudah membuat film documenter, yang menjadi lampiran utama dari dokumen ICH o2. Dokumen yang dikirimkan hari ini juga sudah di verifikasi langsung oleh komunitas Budaya Sehat Jamu secara offline di pendopo Kabupaten Sukoharjo dan juga secara online dari berbagai daerah.

Pengusulan Budaya Sehat Jamu adalah wujud upaya Panjang, telaten dan tak kenal lelah. Upaya ini sudah digagas sejak tahun 2013, namun saat ini adalah momentum yang tepat untuk menominasikan jamu, di saat kondisi dunia yang sedang sakit karena Pandemi Covid-19.  Saat dunia sakit yang dibutuhkan bukan tari yang indah, kain yang elok, atau makanan yang lezat, tetapi jamu agar dunia kian sehat mengahdapi pandemi.

Budaya Sehat Jamu sudah ditetapkan sebagai Warisan tak Benda Indonesia dan dipersilahkan untuk mendaftarkan diri sebagai Nominasi Warisan Tak Benda Dunia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, melalui SK No. 362/ M/2019 Tentang Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2019, sehingga sudah layak dan tepat jika dinominasikan ke tingkat dunia di tahun ini.

Tak hanya momentum yang tepat. Budaya sehat Jamu juga memberikan sumbangsih dalam United Nations SDGs 2030. Budaya sehat Jamu merepresentasikan; goal ke 3: Good Health and Well Being for All. Selain itu, jamu juga memberikan sumbangsih ke goal ke 5- Gender Equality, goal ke 12-Responsible Comsumption and Production dan goal ke 15-Life on Land.

Jamu adalah pengetahuan asli bangsa Indonesia yang telah digunakan dari generasi ke generasi, serta telah dikaji atas dasar pengalaman dan terbukti memberi manfaat untuk menjaga kesehatan dan penyembuhan bagi masyarakat Indonesia. Budaya Sehat jamu adalah suatu praktek menjaga kesehatan yang bersifat holistik, melibatkan body, mind, soul sehingga bersifat preventif sekaligus promotif.

Secara Empirik jamu telah menjadi bagian dari perjalanan masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatannya. Jamu adalah buah perjalanan sejarah peradaban masyarakat yang tidak dapat dilepaskan dari tali-temali kebudayaan Nusantara.

Besar harapan kami niat luhur yang hendak kami lakukan ini juga mendapat support dari seluruh teman teman media, untuk menyebarluaskan dan memberitakan, agar niat luhur kami ini mendapat dukungan dan restu dari pemerintah dan juga seluruh masyarakat Indonesia. Salam Sehat, Jamu Budaya Kita! Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: