Presiden Senang Atas Perkembangan Jamu Indonesia. Kisah Menawari Minum Jamu Kepada Presiden Jokowi
Tanggal Posting : Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:41
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 479 Kali
Presiden Senang Atas Perkembangan Jamu Indonesia. Kisah Menawari Minum Jamu Kepada Presiden Jokowi
Pengurus GP. Jamu dan Dewan Jamu Indonesia pasa SILATNAS PPAD 2022. Minum Jamu Pak Presiden Jokowi!

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Presiden Joko Widodo senang mendapatkan kabar  perkembangan Jamu yang disampaikan oleh Ketua Umum GP. Jamu, Dwi Ranny Pertiwi Zarman, tentang budaya sehat Jamu menjadi warisan budaya tak benda ke UNESCO kini sedang berproses.

"Saat Silatnas, Pak Presiden Joko Widodo sempat berbincang sejenak dengan kami, saat mengunjungi booth GP.Jamu. Kemudian saya sampaikan perkembangan Jamu. Terutama tentang proses Jamu sedang dalam pengajuan ke UNESCO sebagai warisan budaya tak benda," jelas Dwi Ranny saat saya hubungi Sabtu pagi, 6 Agustus 2022.

Saya ingin mendapat kisah, apa yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo pada saat beliau mampir di booth GP. Jamu pada saat kegiatan SILATNAS PPAD 2022.

Sebagaimana kita ketahui, Presiden Joko Widodo pada Jumat, 5 Agustus 2022 menghadiri peresmian pembukaan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Tahun 2022 yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor.

Presiden Joko Widodo pada kesempatan itu, mengatakan bahwa di masa depan, bukan negara besar yang akan mengalahkan negara kecil ataupun negara kaya yang akan mengalahkan negara miskin, melainkan negara cepat yang akan mengalahkan negara yang lambat.

Untuk dapat bersaing dengan negara-negara lain, dibutuhkan setidaknya tiga fondasi utama, yakni infrastruktur, hilirisasi dan industrialisasi, serta digitalisasi.

Apa saja penjelasan Presiden Jokowi saat menghadriri SILATNAS PPAD, silakan klik: Presiden Jokowi Tegaskan Tiga Fondasi Utama yang Akan Dongkrak Daya Saing Indonesia  

1.Minum Jamu Pak Presiden!

Dwi Ranny menjelaskan bahwa kehadiran booth GP. Jamu pada acara SILATNAS berawal dari rencana MOU antara GP. Jamu dengan PPAD untuk membantu edukasi para Purnawirawan yang berminat untuk mengembangkan lahan-lahan yang kosong untuk dijadikan lahan produktif yang akan ditanami tanaman obat, diserap hasilnya oleh industri Jamu atau kemudian hasil tanamannya diolah menjadi lebih bernilai tinggi  dengan edukasi proses pengolahannya dan target pasar lokal maupun luar negeri.

Bertepatan dengan acara Silaturahmi Nasional PPAD, maka GP. Jamu diminta untuk display produk-produk anggotanya serta menyiapkan Jamu yang dapat diminum pada saat acara.

Juga para anggota GP. Jamu memberikan produk Jamu untuk goody bag bagi peserta  yang hadir yang berjumlah kurang lebih hampir 10.000 purnawirawan.

Karena itu, mendapatkan piagam/sertifikat MURI yang diserahkan langsung oleh Bapak Jaya Suprana, demikian Ketua GP. Jamu menambahkan.

Antusias para Purnawiran terhadap Jamu luar  biasa, lanjut Dwi Ranny sehingga stand kami seperti tempat konsultasi penyakit dan memilihkan Jamu yang harus dikonsumsi.

"Ibu Ning sebagai pakar pengobat tradisional sangat sibuk memberikan informasi kesehatan. Pak Fajar Setya dengan keahliannya terkait kandungan bahan baku secara ilmiah," kisah Ketua GP. Jamu tentang meriahnya sambutan di booth GP. Jamu.

Beberapa industri yang terlibat memberikan produk dari mulai ratusan hingga ribuan junlahnya bagi peserta yaitu CV Vermindo, PT Mahkota Dewa, PT Budi Sinde, PT Mustika Ratu,   PT FajarBion, PT Nucleus.

"Kemarin saat Pak Jokowi datang dan mengunjungi stand GP. Jamu. Sempat berdialog sebentar. Kami menawarkan minum Jamu. Beliau menjawab sudah minum sebelum berangkat. Kemudian kami laporkan terkait Jamu sudah sampai proses di UNESCO. Beliau sangat senang sekali. Namun sayang kami lupa berfoto," ujar Dwi Ranny.

2.Menindaklanjuti MOU PPAD

Pada SILATNAS PPAD 2022, Ketua DPD GP. Jamu DKI Jakarta, Ning Harmanto, dan Fajar Setya dari Dewan Jamu Indonesia ikut mendampingi Ketua GP. Jamu, Dwi Ranny.

Mba Ning- demikian biasanya saya memanggil punya kisah sendiri ketika bertugas sebagai edukator di booth GP. Jamu saat SILATNAS PPAD 2002 digelar.

"Sungguh  menarik pengalaman mengikuti acara Silaturahmi Nasional (SILATNAS) Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD)  2022 yang dihadiri banyak Menteri," jelasnya dengan nada penuh semangat saat bertelepon dengan saya pada Sabtu pagi, 6 Agustus 2022.

Tapi kami, lupa foto dengan Pak Jokowi..., lanjutnya. "Lah coba ajak saya...pasti akan banyak foto-fotonya," gurau saya.

SILATNAS PPAD 2022 memang dihadiri banyak Tokoh Indonesia, dan para Menteri: Tampak hadir: Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua UMUM PPAD Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo.

Ning Harmanto menutur, dari mulai persiapan rapat koordinasi acara SILATNAS PPAD 2022 hingga hari H, GP. Jamu bersama 30 tenan/vendor yang ikut memeriahkan acara tersebut dengan disiplin ikuti tata tertib acaranya.

Semua penjaga Stand harus PCR dan harus ada berada di stand pada jam 06.00 WIB, meskipun Pak Jokowi baru datang pada pukul 08.30 WIB.

Di Stand GP. Jamu disediakan minum Jamu dan kapsul Vermin yang dapat diminum oleh para pengunjung stand.

Ning Harmanto menambahkan dari sejak acara gladi bersih 4 Agustus 2022, stand GP. Jamu mendapat kunjungan banyak panitia yang ingin mencoba minum Jamu sparkling. Kesan pengunjung, "Oh Jamu dapat dijadikan minuman soft drink yang sehat ya.. dan tidak pahit," Ning Harmanto mengisahkan.

Dari pengurus PPAD akan menindak-lanjuti kerjasama pelatihan budidaya tanaman Jamu hingga pengolahan Jamu.

PT Sido Muncul menawarkan memberikan bibit tanaman dan pupuk gratis bagi siapa saja yang punya lahan dan selanjutnya kerjasama untuk pemasaran hasil tanamannya. Masyarakat luas dapat mengajukan proposal dan menghubungi PT Sido Muncul, Ning Harmanto mengakhiri ceritanya di Sabtu pagi ini.

Minum Jamu Pak Jokowi!

 

Salam Sehat,

Karyanto, Founder JamuDigital


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2023. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: