Rahasia Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Jamu
Tanggal Posting : Rabu, 25 Desember 2019 | 07:30
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 171 Kali
Rahasia Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Jamu
Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt. menyampaikan materi pada acara "Peringatan Ulang Tahun Pertama PPUIN" di Hotel Amaroossa Bekasi, Selasa, 17 Desember 2019.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Kekuatan penyembuhan alamiah dari dalam tubuh setiap orang adalah kekuatan terbesar untuk mendapatkan keadaan sehat dan sejahtera. Tubuh bekerja sebagai sebuah sistem yang menyeluruh.

Penyembuhan alamiah dalam tubuh terbagi menjadi tiga: Body (tubuh), Mind (pikiran), Spirit (Spiritual). Demikian Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt. mengawali presentasinya berjudul: Rahasia Mempertahankan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Jamu pada acara "Peringatan Ulang Tahun Pertama PPUIN" di Hotel Amaroossa Bekasi, Selasa, 17 Desember 2019.

"Yang mempengaruhi system imun: dari tubuh itu sendiri. Proteksi tubuh dari serbuan: Bakteri, virus stres, gelisah, kesedihan. Sensitif terhadap: Persoalan pribadi, olahraga berlebih, perubahan diet. Imbalances Autoimmune diseases (Sistem imun menyerang tubuh)", ungkap Mangestuti Agil.

"Adaptogen merupakan zat alami yang bisa membantu tubuh menangkal stres. Zat ini juga bekerja untuk mengatasi efek stres dalam tubuh. Stres bisa menyebabkan perubahan fisik yang berbahaya dalam tubuh, seperti melukai organ dalam sistem saraf, sistem endokrin (hormon), sistem kekebalan tubuh. Adaptogen inilah yang memiliki sifat stimulan yang dapat membantu melawan efek berbahaya tersebut", tambahnya.

Di dalam tubuh adaptogen ini merespon segala reaksi stres dengan cara mengatur keseimbangan hormon yang dihasilkan dari kelenjar hipotalamus, kelenjar hipofisis, dan kelenjar adrenal. Dengan adanya zat adaptogen, tubuh akan mencegah sel-sel rusak akibat radikal bebas.

Perkembangan ilmu pengetahuan memberikan kesempatan manusia memahami ikatan kimia yang menghubungkan manusia dan tanaman obat. Maka dari itu apa yang tumbuh di lingkungan kita adalah untuk kesehatan kita pula.

Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt. menjelaskan Imunomodulator merupakan zat yang dapat memodulasi (mengubah atau memengaruhi) sistem imun tubuh menjadi ke arah normal. Imunomodulator berperan menguatkan sistem imun tubuh (imuno stimulator) atau menekan reaksi sistem imun yang berlebihan (imuno suppressan).

Imunomodulator yang terdapat pada herbal: Kurkumin: kunyit. Resveratrol: anggur, kacang. Epigallocatechin-3-gallate: daun teh.  Quercetin: daun teh, apel, brokoli, buah anggur, bawang merah. Andrographolide: sambiloto. Genistein: kedelai.

Manfaat tanaman obat untuk: Gangguan susunan saraf pusat: pegagan, rimpang kunyi. Pelindung fungsi liver: Sambiloto, rimpang kunyit, meniran, temulawak. Pendongkrak kekebalan tubuh: Sambiloto, pegagan, rimpang kunyit, biji jinten hitam. Anti radang, anti nyeri: Jahe, kunyit. Redaksi JamuDigital.Com.

 

 


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: