Manfaat Mengkonsumsi Buah Bidara
Tanggal Posting : Kamis, 29 Juli 2021 | 09:57
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 253 Kali
Manfaat Mengkonsumsi Buah Bidara
Buah Bidara memiliki efek antidiabetes, antikanker dan antioksidan.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Apakah Anda mengenal Buah Bidara? Ternyata jenis bahan alami itu memiliki segudang manfaat. Buah Bidara memiliki berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain yang terkandung di dalamnya.

Kandungan itu mampu melawan serangan radikal bebas yang menyebabkan penyakit. Bahkan, antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Buah yang memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana ini banyak tumbuh di Asia Selatan. Di Indonesia sendiri, Buah Bidara dapat ditemukan di pulau Jawa, Bali dan juga Sumba.

Dalam 100 gramnya, Buah Bidara mengandung 17 gram karbohidrat, 65-75 miligram vitamin C, 27 miligram fosfor, 25,5 miligram kalsium, dan 0,8-1,8 miligram zat besi. Berikut ini manfaat mengkonsumsi Buah Bidara yang dikutip dari infografis Instagram @ditjenhorti.

Dalam penelitian tahun 2013, ditemukan bahwa Buah Bidara memiliki efek antidiabetes. Artinya, kandungan dalam buah akan membantu sel untuk memanfaatkan gula darah dan melindungi serta mencegah peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes.

Selain itu, Bidara memiliki senyawa bioaktif yang bernama asam triterpenic dan polisakarida. Senyawa tersebut dalam studi tahun 2015 terbukti memiliki efek antikanker untuk beberapa garis sel kanker.

Rasa Buah Bidara yang asam manis tak mempengaruhi manfaat yang dimilikinya. Buah ini memiliki beberapa senyawa antioksidan yang baik untuk kecantikan tubuh karena mencegah kerusakan sel.

Adapun, jenis antioksidan yang terdapat dalam Buah Bidara adalah flavonoid, polisakarida, dan asam triterpenic. Selain itu, vitamin C juga menambah manfaat dari antioksidan. (Sumber: Infografis Instagram @ditjenhorti). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: