Milenial yang Glowing dengan Herbal
Tanggal Posting : Senin, 1 Februari 2021 | 06:43
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 632 Kali
Milenial yang Glowing dengan Herbal
Banyak ramun skincare Herbal untuk jerawat dan komedo- yang sering kali menjadi permasalahan anak-anak remaja.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Ciri generasi milenial yang berpenampilan trendi- sudah waktunya melirik potensi herbal untuk tampil glowing dan alami. Banyak ramuan dari bahan alam Indonesia untuk menyehatkan kulit dan wajah. Agar kulit dan wajah senantiasa bersinar sehat.

Kapusdi Herbal Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, Dr. Apt. Yasmiwar Susilawati, M.Si. pada webinar edukasi "Sehat dan Glow up dengan Herbal Farmasi" yang diadakan oleh Pusat Studi Herbal Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Jum’at, 23 Januari 2021) mengupas berbagai ramuan alami untuk masker wajah.

"Masalah dan kondisi kulit remaja antara lain jerawat, komedo, kulit berminyak, kulit kusam &  kering, kulit sensitif, kemerahan," ungkap Yasmiwar Susilawati.

Jerawat menjadi satu di antara masalah kulit wajah yang mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Tidak hanya kulit berminyak saja, kulit kering juga seringkali dihinggapi jerawat.  Jerawat karena hormonal adalah hal yang wajar pada remaja, bahkan pada usia dewasa pun jerawat masih dapat tumbuh. Terjadi pada wanita dan juga pria.

Sedangkan komedo merupakan kotoran yang muncul ketika poripori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati ini bisa bereaksi terhadap oksigen, sehingga komedo berubah warna menjadi hitam. Namun, jika kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat ini menutup, sel kulit mati tidak akan bereaksi dengan oksigen dan komedo akan berwarna putih.

Komedo tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali jika komedo mengalami infeksi. menyebabkan kulit bengkak dan kemerahan, serta muncul jerawat. Komedo rentan menyerang remaja ketika hormon mulai mempengaruhi tubuh dan kulit.

Penyebab Jerawat/Komedo. Terlalu banyak mengaplikasikan makeup karena dapat mengganggu kebebasan kulit untuk bernapas. Kulit berminyak memicu komedo. Minyak yang berlebihan akan lebih mudah menempel kotoran dan menyumbat pori-pori.  Stres. Kurang mengkonsumsi Air putih. Debu dan polusi juga memberikan pengaruh negatif pada kulit. Bercukur yang dapat membuat folikel rambut terbuka. Pemakaian obat steroid.

Pencegahan Jerawat dan Komedo: Rutin mencuci wajah, minimal dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut dan non-detergent. Hindari menggunakan scrub, karena membuat kulit jadi teriritasi dan komedo semakin parah. Kompres wajah dengan air hangat dan gunakan handuk lembut, sehingga kelenjar sebaceous mengeluarkan lebih sedikit minyak.

Skincare Herbal untuk Jerawat

Menurut Yasmiwar Susilawati, madu dapat membantu mengurangi jerawat pada kulit wajah. Cara kerja madu yang kaya akan antioksidan menjadi solusi tepat mengatasi jerawat. Dapat dikombinasi dengan bahan lain/herbal. Madu cocok digunakan untuk mengatasi jerawat pada semua jenis kulit. Dapat juga dikombinasikan dengan: Madu-Yogurt-Alpukat-Lemon, Madu-Bawang putih, Madu-Tanaman Lidah Buaya, Madu-Teh Hijau.

Madu mengandung nutrisi, vitamin dan mineral yang baik untuk kulit, dan diperkaya dengan antibakteri dan antiseptik di dalamnya. Kandungan antioksidan pada madu juga membantu meregenerasi sel kulit mati untuk membuat kulit terasa lembab dan sehat. Madu juga bisa mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga jerawat bisa lekas menipis dan tersamarkan bekasnya.

Masker Madu. Berbagai manfaat bisa diperoleh dari pemakaian masker madu secara rutin. Penggunaan masker yang terbuat dari madu juga aman dan diperbolehkan untuk pemakaian setiap hari. Sebelum menggunakan masker, sebaiknya cuci muka dulu dan dibasuh dengan air hangat supaya pori-pori kulit terbuka sehingga kandungan nutrisi pada madu bisa terserap dengan sempurna. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: