Badan POM Dukung UMKM OT di Bali
Tanggal Posting : Minggu, 20 Desember 2020 | 07:53
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 860 Kali
Badan POM Dukung UMKM OT di Bali
Kepala BPOM RI., Penny K. Lukito memberikan nomor izin edar kepada para pengusaha UMKM di Bali, Jumat, 18 Desember 2020.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Gianyar menjadi tempat kunjungan Kepala Badan POM RI., Penny K. Lukito dalam rangka dukungan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

UMKM adalah media yang tepat untuk mengembangkan dan membina Sumber Daya Manusia. Untuk mengembangkan UMKM, diperlukan komitmen yang kuat dari pemerintah dan pelaku usaha serta berbagai pihak.

Sehingga mampu mendorong dan meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM untuk berjaya di negeri sendiri dan di dunia internasional. Demikian sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada acara Penyerahan Nomor Izin Edar (NIE) dan Sertifikat Untuk UMKM di Bali, Jumat, 18 Desember 2020.

Selaras dengan pernyataan Bupati Gianyar, Kepala Badan POM menyatakan bahwa UMKM memegang peran strategis dalam menyediakan kebutuhan untuk kesehatan masyarakat Indonesia. UMKM di Indonesia yang bergerak pada semua lini komoditas barang dan jasa, termasuk obat tradisional (jamu) dan pangan olahan, mampu menjadi tulang punggung dan penggerak ekonomi nasional.

Karena itu, Badan POM terus bekerja dan sangat terbuka untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah melalui pendampingan dan pemberian insentif yang memberikan kemudahan berusaha bagi UMKM. "Upaya ini tentunya juga sangat sejalan dengan UU Cipta Kerja yang menjadi komitmen Pemerintah untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui mekanisme percepatan perizinan," ungkap Kepala Badan POM.

Berdasarkan data Badan POM, Kabupaten Gianyar memiliki 14 produsen pangan olahan terdaftar Badan POM yaitu 1 usaha mikro, 2 usaha kecil, 10 usaha menengah, dan 1 industri besar. Selama tahun 2020, Badan POM telah menerbitkan 41 NIE pangan olahan dari Gianyar, yaitu 3 NIE untuk usaha mikro dan usaha kecil, 30 NIE untuk usaha menengah, dan 5 NIE untuk industri besar.

Berita Terkait: 50 UMKM OT di NTB Ikuti Bimtek CPOTB
Berita Terkait: Seputar Lengkap Obat Modern Asli Indonesia


Selain itu, Badan POM juga telah menerbitkan 11 NIE obat tradisional untuk 6 pelaku usaha dan 2 sertifikat CPOTB Bertahap untuk 2 pelaku usaha, serta 106 NIE kosmetik kepada 9 pelaku usaha dan 1 sertifikat CPKB diberikan kepada 1 pelaku usaha kosmetik di Kabupaten Gianyar pada tahun 2020.

Kepala Badan POM mendorong pelaku usaha pangan serta Pemerintah Daerah Gianyar untuk dapat meningkatkan produk UMKM terdaftar di Badan POM. Sebagai bentuk keberpihakan kepada UMKM, Badan POM memberikan berbagai insentif seperti percepatan perizinan, penyederhanaan prosedur/persyaratan, dan pendampingan intensif untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing produk UMKM.

Hari in, dengan disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Badan POM menyerahkan NIE secara simbolis kepada 3 pelaku usaha pangan, obat tradisional, dan kosmetik. Selain itu juga diserahkan Sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) Bertahap, Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), dan Pemeriksaan Sarana Baru (PSB) Menuju Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB).

Bagi UMKM yang telah menerima NIE maupun sertifikat dapat selalu menerapkan praktik yang baik serta memenuhi persyaratan dan ketentuan. Dengan komitmen dan dukungan Pemerintah Daerah, semoga ke depan semakin banyak UMKM di Gianyar yang mampu mendapatkan sertifikat cara produksi yang baik maupun NIE.

Mari kita terus memperkuat sinergi untuk menjadikan produk UMKM sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan berjaya di pasar global, pesan Kepala Badan POM. (Sumber: https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/20716/Badan-POM-Dukung-UMKM-menjadi-Tulang-Punggung-dan-Penggerak-Ekonomi-Nasional.html). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: