Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Kamis, 15 Oktober 2020 | 10:03
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 661 Kali
Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan
Temu Putih dapat mengatasi kanker serviks, perut kembung, memar dan keseleo.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Temu putih umumnya ditanam sebagai tanaman obat, dapat ditemukan tumbuh liar pada tempat-tempat terbuka yang tanahnya lembap. Sosok tanaman ini mirip dengan temulawak dan dapat dibedakan dari rimpangnya.

Temu putih banyak ditemukan di Indonesia seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Ambon, hingga Irian. Juga di budidayakan di India, Banglades, Cina, Madagaskar, Filipina, dan Malaysia.

Daun rasanya seperti sereh sehingga bisa digunakan untuk memasak ikan. Rimpang muda dapat ditambahkan ke dalam salad. Perbanyakan dengan rimpang dan pemisahan anakan.

Sifat dan Khasiat

Rimpang temu putih rasanya sangat pahit, pedas, sifatnya hangat, berbau aromatik, dengan afinitas ke organ hati dan limpa. Temu putih termasuk tanaman obat yang memperlancar darah dan menghilangkan sumbatan, melancarkan sirkulasi vital energi dan menghilangkan nyeri.

Rimpang digunakan untuk pengobatan nyeri sewaktu haid (dismenore), tidak datang haid (amenore) karena tersumbatnya aliran darah, pembersih darah setelah melahirkan, memulihkan gangguan pencernaan makanan (dispepsi).

Seperti rasa mual dan kembung karena banyak gas, sakit perut, rasa penuh dan sakit di dada akibat tersumbatnya energi vital, pembesaran hati (hepatomegali) dan limpa (splenomegali), luka memar, sakit gigi, radang tenggorok, batuk, serta meningkatkan efektivitas pengobatan radiasi dan kemoterapi pada penyakit kanker.

Berita Terkait: Daun Sendok Kaya Manfaat

Berita Terkait: Bioekonomi Pengembangan OMAI untuk Substitusi Impor


Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus 3-10 gram (10 iris) rimpang temu putih kering. Untuk pemakaian luar, gunakan minyak asirinya atau air perasan rimpang segar untuk pemakaian lokal, seperti luka memar, berbagai macam kelainan kulit, kanker serviks, vulva, dan kanker kulit. Taburkan abu dari rimpangnya pada luka, borok, dan bagian tubuh yang terkilir (keseleo).

Contoh Pemakaian:

- Kanker Serviks
Cuci halus rimpang temu putih kering (10 gram/10 iris), daun dewa segar (Gynurapseudo-china DC.) (10 gram), herba baru cina segar (20 gram), herba rumput mutiara segar (30 gram/1 genggam), herba sambiloto kering (20 gram), dan biji jali (30 gram).

Tumbuk halus biji jali, iris rimpang temu putih tipis-tipis, lalu bersama bahan lain masukkan ke dalam panci email. Tambahkan 4 gelas air, lalu rebus dengan api sedang sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus pada pagi hari sebelum makan.

Ampasnya dapat direbus sekali lagi dan diminum pada sore hari sebelum makan. Lakukan setiap hari sampai ada perbaikan.

- Perut Kembung
Sediakan rimpang temu putih kering (6 gram/6 iris), rimpang temulawak kering (15 gram/20 iris), daun iler segar (10 lembar), dan daun sembung segar (2 lembar). Cuci bersih semua bahan, iris rimpang tipis-tipis, lalu masukkan semua bahan ke dalam panci.

Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Selama merebus, panci harus tertutup rapat. Setelah dingin, saring dan minum air yang terkumpul sekaligus sewaktu perut kosong. Ampasnya dapat direbus sekali lagi dan diminum sewaktu ingin tidur.

- Memar dan Keseleo
Bersihkan rimpang temu putih secukupnya, lalu tumbuk atau parut halus. Tempelkan hasilnya pada bagian tubuh yang memar atau keseleo, lalu balut.

(Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 57-59). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: