Kepala Badan POM: Potensi Bahan Alam Menjadi OMAI
Tanggal Posting : Jumat, 28 Agustus 2020 | 05:54
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 185 Kali
Kepala Badan POM: Potensi Bahan Alam Menjadi OMAI
Kepala Badan POM, Penny K. Lukito pada diskusi online oleh Lembaga Kajian Nawacita (LKN) dengan tema “Herbal Anti COVID Karya Anak Bangsa” pada 28 Juli 2020.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Potensi biodiversitas Indonesia untuk menyehatkan bangsa sangat besar, bahkan dapat dijadikan komoditas ekspor uggulan di bidang kesehatan. Akhir-akhir ini, pada saat pandemi COVID-19, kekayaan alam Indonesia untuk bahan baku obat mendapat perhatian banyak lembaga tinggi negara.

Potensi OMAI (Obat Modern Asli Indonesia) menjadi alternatif solusi untuk kemandirian obat nasional mengemuka dalam berbagai event nasional.

Misalnya, pada saat Lembaga Kajian Nawacita (LKN) mengadakan  diskusi online dengan tema "Herbal Anti COVID Karya Anak Bangsa" -yang menghadirkan pembicara: Kepala Badan POM, Penny K. Lukito, pada 28 Juli 2020.

Hadir pula pada kegiatan ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir yang menyampaikan keynote speech. Ini mengindikasikan betapa besar atensi para stakeholders herbal Indonesia untuk memanfaatkan potensi herbal Indonesia menjadi keungguan daya saing bangsa.

Kepala Badan POM pada kesempatan ini menyampaikan bahwa Obat bahan alam sangat potensial dikembangkan menjadi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI). Hingga Juli 2020, Badan POM telah menerbitkan izin edar lebih dari 11.000 produk Jamu, 71 produk Obat Herbal Terstandar (OHT), dan 24 produk Fitofarmaka (FF).

Pada masa pandemi COVID-19 ini, Badan POM juga telah menerbitkan Buku "Informatorium Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) di masa Pandemi COVID-19" yang berisi informasi dan daftar obat bahan alam kategori OHT (Obat Herbal Terstandar) dan Fitofarmaka. Dua ketegori ini yang disebut sebagai OMAI.

Berita Terkait: Daftar Obat Modern Asli Indonesia 2020

Klik Disini: Buku Informatorium OMAI

Informatorium Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) merupakan informasi tentang bahan alam yang telah disetujui dan digunakan di Indonesia dalam bentuk produk Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka (FF). Kedua jenis produk ini merupakan produk obat hasil pengembangan dari pemanfaatan bahan-bahan alam di Indonesia yang sudah lulus uji pra klinis dan uji klinis.

Pengembangan bahan alam menjadi OHT maupun FF merupakan upaya pembuktian ilmiah, sehingga keberadaannya dapat digunakan sebagai subtitusi atau komplementer dalam penanganan atau terapi pada kondisi suatu penyakit.

Hal ini tentunya diperlukan banyak riset dan penelitian terhadap bahan alam tersebut sebelum dapat digunakan sebagai obat bahan alam. Salah satu tujuannya adalah agar ketergantungan Indonesia terhadap bahan baku obat kimia sintetis dapat ditekan.

Penerbitan Buku "Informatorium Obat Modern Asli Indonesia" memiliki tiga tujuan, yaitu:

  1. Memberikan informasi seputar Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka yang sudah terdaftar di Badan POM.
  2. Sebagai sarana dalam menyebarluaskan informasi dan edukasi kepada masyarakat untuk bijak dan rasional dalam menggunakan produk Obat Herbal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka (FF), sebagai salah satu upaya dalam menghadapi COVID-19.
  3. Membangun pengetahuan masyarakat Indonesia tentang khasiat dan keamanan obat berbahan alam modern asli Indonesia atau OMAI sehingga dapat meningkatkan minat dan akses dalam penggunaannya. Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: