Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung
Tanggal Posting : Kamis, 18 November 2021 | 10:00
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 279 Kali
Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung
Kunyit yang terkenal sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat untuk Asam Lambung.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Siapa yang tak kenal Kunyit? Bumbu masakan yang biasa ditambahkan untuk kare dan soto ini memang sangat penting untuk penguning dan penyedap.

Tapi siapa sangka, ternyata Kunyit memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, khususnya asam lambung. Intip informasi tentang manfaat Kunyit untuk lambung di bawah ini. Kunyit, rempah yang satu ini amat kaya zat antioksidan dan anti radang. Kunyit juga mengandung bahan aktif kurkumin. Di mana kurkumin termasuk antioksidan polifenol yang dapat menangkal berbagai virus.

Orang Tiongkok biasa mengonsumsi Kunyit sebagai minuman pelancar haid. Seringkali, Kunyit juga diminum sebagai pereda nyeri haid. Benar saja, kurkumin dalam Kunyit berfungsi sebagai antiradang. Jika mengonsumsi secara rutin, ada yang menyebutkan bahwa Kunyit dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Tentu ini dapat terjadi karena Kunyit memaksimalkan kerja hati. Sehingga, Kunyit bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Selain itu, Kunyit juga dapat menekan pertumbuhan protein yang meningkat seiring dengan pengidap Alzheimer semakin parah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang ini.

Kunyit tidak baik dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah lain, karena Kunyit sendiri sudah merupakan pengencer darah alami. Kunyit juga bisa menurunkan gula darah dan tekanan darah, jadi bagi anda yang cenderung memiliki tekanan darah yang rendah, lebih baik tidak mengkonsumsi ini.

Tak hanya itu, anda yang memiliki asam lambung sebaiknya mempertimbangkan untuk mengkonsumsi Kunyit sebagai upaya pengobatan. Beberapa kalangan sudah mengolahnya sebagai minuman dan merasakan manfaat parem Kunyit.

Manfaat Kunyit untuk asam lambung. Kunyit dapat dikonsumsi untuk upaya sembuh dari penyakit pencernaan. Bisa jadi alternatif untuk anda yang ingin menghindari atau mengurangi obat-obatan kimia.

Bahkan, World Health Organization (WHO) sudah menyatakan dan menyarankan menggunakan curcumin dalam Kunyit sebagai obat mengatasi asam lambung, perut kembung, dan dispepsia (maag) sejak 1999.

Penyakit pencernaan yang disebutkan di atas kerap disebut tukak lambung. Dapat dikatakan, tukak lambung adalah keadaan di mana ada luka di dinding lambung karena lapisannya terkikis. Luka dapat muncul di usus kecil maupun kerongkongan yang dapat menyebabkan nyeri bahkan pendarahan.

Fungsi antibakteri dalam Kunyit membuatnya dapat melawan parasit, jamur dan bakteri. Sehingga, Kunyit dapat mengobati luka yang ada di dinding lambung dengan mencegah infeksi. Seluruh kandungan antivirus dalam Kunyit sangat berguna untuk lambung. Berikut rincian manfaat Kunyit untuk asam lambung:

1. Mencegah terjadi luka pada saluran pencernaan

Enzim yang merugikan kesehatan lambung akan ditekan pertumbuhannya oleh Kunyit. Ia juga meningkatkan pengeluaran lendir yang menjadi tameng pertahanan lambung. Sehingga, luka akibat iritasi lambung dapat dihindari.

2. Membantu mengatasi asam lambung dan GERD

Para ahli menyatakan, asam lambung dan GERD (gastroesophageal reflux disease) disebabkan oleh peradangan dan stress. Sehingga, keduanya harus diatasi dengan anti radang dan antioksidan. Biasanya, ini yang terkandung dalam obat kimia untuk maag.

Sebuah studi juga menemukan bahwa antiradang dalam Kunyit dapat mengobati radang di kerongkongan yang disebabkan oleh GERD. Sedangkan antioksidan yang terkandung berpotensi meredakan GERD. Meski demikian, belum ada penelitian mendalam yang telah menyatakan bahwa asam lambung dapat benar-benar ampuh dalam mengobati GERD maupun asam lambung.

3. Melindungi Esofagus

Ketika seseorang menderita asam lambung, rongga kerongkongan (esofagus) dapat mengalami peradangan. Padahal, kerongkongan menjadi jalan untuk makanan dapat masuk ke perut. Dengan mengonsumsi Kunyit, unsur curcumin yang ada di dalamnya akan membantu mengobati apabila esophagus terluka. Sebelum luka itu terlanjur parah, curcumin dapat mencegah lukanya.

Dari beberapa poin ini, dapat dilihat manfaat Kunyit untuk lambung begitu banyak. Anda dapat mengkonsumsi Kunyit dengan cara yang mudah, yakni diparut dan anda seduh setiap pagi dan sore. Para ahli kesehatan menyarankan untuk meminum Kunyit bersama madu, Jahe, Akar manis dan Adas untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jahe dan kunyit dapat meredakan iritasi pada saluran pencernaan dan mengobati kontraksi lambung. Kemudian berpadu apik dengan khasiat Kunyit dan madu. Kunyit dapat membunuh bakteri dan mencegah infeksi dari luka. Sedangkan madu dapat memberikan nutrisi lebih untuk penyembuhan.

Tetap berhati-hati. Anda mungkin sudah berkeinginan untuk mencoba, tapi untuk pengobatan, ingat beberapa hal di bawah ini:

Ada yang menyarankan untuk mencampur Kunyit dengan lada hitam untuk memaksimalkan penyerapan manfaat. Jangan mengkonsumsi Kunyit bersama dengan obat pengencer darah. Pantau konsumsi, jangan melebihi 1500 mg per hari.

Apabila terjadi hal yang mencurigakan, konsultasikan kepada dokter. Mungkin tubuh anda tidak cocok dengan Kunyit. Untuk perempuan yang hamil atau menyusui sebaiknya dosisnya tidak terlalu banyak. Konsumsi Kunyit dapat menimbulkan alergi bagi beberapa orang. Bisa jadi muncul gejala gatal dan jantung berdenyut cepat.

Beberapa himbauan di atas dapat Anda pegang sebagai aturan minum Kunyit. Karena bagaimanapun, tidak semua obat bisa cocok pada semua orang. Kenali diri anda dan tubuh anda. Segala manfaat Kunyit untuk lambung di atas tentu sudah dapat menjadi acuan untuk anda. Sudah siap mencoba? (Sumber: https://rempahid.com/kunyit-untuk-lambung/). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: