Mahasiswa IPB University Buat Aksesoris Masker Aromaterapi
Tanggal Posting : Minggu, 5 September 2021 | 10:00
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 218 Kali
Mahasiswa IPB University Buat Aksesoris Masker Aromaterapi
Lima mahasiswa IPB University berhasil membuat aksesoris masker aromaterapi yang diberi nama AMMER.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Lima mahasiswa IPB University berhasil membuat aksesoris masker aromaterapi. Lima mahasiswa IPB University tersebut adalah Salsa Fauziah, Aqila Bagas, Ardiana Putri, Muhammad Wahyudin dan Melinia Falestin serta dibimbing oleh Dr Adisti Permatasari Putri Hartoyo.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK), kelima mahasiswa tersebut berhasil membuat inovasi aksesoris masker aromaterapi yang diberi nama AMMER: Aksesoris Masker Aromaterapi Berbahan Dasar Tanaman Hutan untuk Mengurangi Stres dan Terapi Membantu Penyembuhan COVID-19. Program ini mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Ardiana Putri selaku ketua tim menjelaskan, aksesoris masker aroma terapi yang dibuatnya berbahan dasar tanaman hutan. Tanaman hutan yang digunakan adalah Eucalyptus globulus dan Malaleuca leucandendron (kayu putih).

"Aksesoris masker ini bisa dipakai untuk mengurangi stres dan terapi membantu penyembuhan COVID-19” ujar Ardiana Putri, mahasiswa IPB University dari Departemen Silvikultur, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, IPB University.

Lebih lanjut, Ardiana menerangkan, produk yang diberi nama AMMER itu terdiri dari rantai masker, stiker masker dan essential oil. Ia menerangkan, essential oil tersebut memiliki sifat antivirus. Selain itu, rantai masker dan stiker masker yang dibuatnya juga mengandung essential oil sehingga lebih praktis dan tidak perlu mengoleskan essential oil ke masker.

“Aroma terapi ini bisa bertahan selama dua minggu dalam suhu ruang dan mampu bertahan selama dua bulan jika berada pada ruangan kedap udara,” tandas Ardiana.

Ardiana menjelaskan bahwa produk tersebut memiliki desain yang fashionable. Dengan demikian, cocok untuk berbagai kalangan dan berbagai aktivitas.

Mahasiswa IPB University itu mengatakan harga produk AMMER relatif terjangkau. Dengan harga 45 ribu rupiah, masyarakat dapat mendapatkan satu set produk AMMER yang terdiri dari rantai masker, essential oil dan stiker masker. 

“Apabila aroma di rantai masker sudah mulai menghilang, dapat diteteskan essential oil ke rantai masker tersebut,” tambah Ardiana.

Ia juga menyampaikan, sampai saat ini produknya itu sudah terjual lebih dari 300 pcs. Rata-rata pembeli berasal dari Tangerang, Bogor, Jakarta, Bekasi, Surakarta, Trenggalek dan Nganjuk.

Dengan adanya inovasi tersebut, dosen pembimbing Dr Adisti Permatasari Putri Hartoyo mengatakan bahwa produk AMMER ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Produk inovatif ini memiliki manfaat ganda, yakni sebagai aromaterapi, juga aksesoris kekinian.

Ia menyampaikan bahwa kebutuhan masker saat ini telah menjadi kebutuhan primer, sehingga dengan adanya produk tersebut diharapkan dapat turut andil dalam membantu masyarakat untuk terus menjaga kesehatan. Tentunya dengan harga terjangkau, praktis, dan fashionable. (Sumber Berita: https://www.ipb.ac.id/news/index/2021/09/mahasiswa-ipb-university-buat-aksesoris-masker-aromaterapi/a85e9700350c1758208612958037dba3). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: