Khasiat Tanaman Jarak untuk Kesehatan
Tanggal Posting : Minggu, 22 November 2020 | 07:17
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 204 Kali
Khasiat Tanaman Jarak untuk Kesehatan
Tanaman Jarak berkhasiat untuk antiradang, pencahar, antikanker, menghilangkan racun dan memperbaiki prolaps.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Jarak memiliki nama latin Ricinus communis L. Jarak tumbuh liar di hutan, tanah terlantar, sepanjang pantai, atau ditanam sebagai komoditas perkebunan dan ditemukan pada ketinggian 0-800 m dpl.

Tanaman ini tumbuh di areal yang kurang subur asalkan pH tanahnya 6-7 dan drainase air baik karena akar jarak tidak tahan terhadap genangan air.

Tanaman ini berupa perdu annual (setahun), tumbuh tegak, tinggi 2-3 m, batang bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas, berwarna hijau semburat merah tengguli.

Daun tunggal, bertangkai panjang, letak berseling, bentuk daun bulat dengan diameter 10-40 cm, bercangap menjari 7-9, ujung daun runcing, tepi bergerigi, pertulangan menjari, warna daun di permukaan atas hijau tua, permukaan bawah hijau muda.

Bunga majemuk, berkelamin tunggal, berwarna kuning oranye. Buah berbentuk bulat, berduri lunak, berwarna hijau muda dan berambut merah, berkumpul dalam tandan, berupa buah kendaga dengan tiga ruangan, setiap ruang berisi satu biji.

Berita Terkait: Peran Bidang Kesehatan dalam Dunia Pendidikan

Berita Terkait: OMAI HerbaCOLD, Obat Herbal Flu Pilihan Era New Normal


Sifat dan Khasiat
Rasa biji jarak sedikit pahit, pedas, bersifat netral, dan toksik. Biji segar sangat beracun, tetapi dapat dinetralkan dengan cara direbus selama 2 jam atau dengan pemanasan 100°C selama 20 menit.

Berkhasiat antiradang, pencahar, antikanker, menghilangkan racun, dan memperbaiki prolaps. Akar berkhasiat penenang (sedatif) dan antirematik. Minyak jarak (castor oil) dihasilkan dari biji jarak dan telah lama digunakan sebagai pencahar (laksatif). Minyak mengandung triglicerida dari ricinoleic acid.

Setelah diminum, minyak jarak akan dihidrolisis di saluran pencernaan, menjadi ricinoleic acid. Zat ini akan mengiritasi dinding usus dan menyebabkan efek cathartic (pencahar). Minyak juga dapat digunakan sebagai pelembap kulit (moisturizer) atau pengobatan radang kulit dan kutil.

Bagian yang Digunakan
Bagian yang digunakan dari tanaman jarak adalah biji. Keluarkan biji dari buah masak yang belum pecah, lalu jemur sampai kering. Gunakan juga akar, daun, dan minyak dari biji.

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus atau tim 15-30 g akar. Untuk pemakaian luar, lihat contoh pemakaian. (Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 19-20). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: