Khasiat Daun Jambu Biji Sembuhkan Luka
Tanggal Posting : Kamis, 23 September 2021 | 09:35
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 224 Kali
Khasiat Daun Jambu Biji Sembuhkan Luka
Berikut ini cara meramu Daun Jambu Biji untuk sembuhkan luka.

JamuDigital.Com- Media Jamu, Nomor Satu. Anda mungkin sudah tahu ragam khasiat kesehatan dari buah Jambu Biji. Namun, tahukah Anda kalau Daun Jambu Biji tak kalah berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya menyembuhkan luka.

Jambu Biji memiliki nama latin Psidii Guajavae Folium. Dibeberapa daerah Jambu Biji dikenal dengan jambu kulutuk, bayawas, tetokal, tokal (Jawa); jambu klutuk, jambu batu (Sunda), jambu bender.

Jambu Biji merupakan tanaman semak atau pohon, tinggi 3 -10 m, kulit batang halus permukaannya, berwarna coklat dan mudah mengelupas. Daun berhadapan, bertulang menyirip, berbintik, berbentuk bundar telur agak menjorong atau agak bundar sampai meruncing.

Panjang helai daun 6-14 cm, lebar 3 - 6 cm, panjang tangkai 3 -7 mm, daun yang muda berambut, daun yang tua permukaan atasnya menjadi licin. Perbungaan terdiri dari 1 sampai 3 bunga, panjang gagang perbungaan 2-4 cm; panjang kelopak 7-10 mm; tajuk berbentuk bulat telur sungsang, panjang 1,5-2 cm.

Simplisia Daun Jambu Biji, pada irisan melintang Daun Jambu Biji tampak jaringan epidermis dengan dinding sel yang lebih tebal pada permukaan atas dibandingkan epidermis pada permukaan bawah; stomata dan trikoma dalam jumlah yang melimpah di permukaan bawah; kelenjar minyak yang terdapat pada kedua permukaan daun.

Pada permukaan bawah jumlah kelenjar sel minyak lebih banyak; jaringan epidermis di bagian permukaan atas terdiri atas 2-3 lapis sel dengan sedikit kelenjar minyak; jaringan palisade berlapis-lapis; pada bagian mesofil daun banyak terdapat kelenjar minyak; daerah ibu tulang daun menunjukkan terdapat sel-sel kolenkim; tipe berkas pengangkut bikolateral yang berbentuk seperti tapal kuda dan di sekelilingnya dilengkapi dengan serabut dari bahan lignin; unsur-unsur xilem berlignin.

Jambu Biji tumbuh di daerah tropis dan subtropis pada daerah pantai sampai ketinggian 1500 mdpl pada temperatur 15-45°C. Berasal dari bagian tropis Benua Amerika, dan disebarkan oleh bangsa Spanyol ke Pilipina dan oleh bangsa Portugis ke India.

Kandungan kimia daun, buah dan kulit batang jambu biji mengandung tanin. Pada daun selain tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratagolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.

Buah Jambu Biji mengandung tiga glikosida benzofenon (2,6- dihidroksi-3, 5- dimetil-4- O- beta- D- glukopiranosil-benzofenon, 2,6- dihidroksi-3- metil-4-0-(6"- O- galoil- beta- D-glukopiranosil)- benzofenon dan 2, 6-dihidroksi- 3, 5- dimetil- 4- O- (6"-0-gaioil- beta- D- glukopiranosil)-benzofenon); polisakarida (2-O-metil-l-arabinosa, 2-0-asetil-D-galaktosa, dan D-metil galakturonat.

Secara efek farmakologi, ekstrak etanol Daun Jambu Biji 10% diberikan secara topikal pada lidah tikus Wistar yang dibuat luka dengan diameter 3 mm selama 2 hari dengan interval pemberian 12 jam, kemudian diamati pada hari ke 1,3, 5, 7 dan 14.

Hasilnya menunjukkan ekstrak Daun Jambu Biji dapat mempercepat penyembuhan luka dengan menunjukkan parameter histologi luka yang lebih baik seperti perbaikan jaringan epitel dan berkurang atau hilangnya sel radang dibandingkan kontrol.

Ekstrak air Daun Jambu Biji mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang diidentikkan dengan infeksi pada luka yaitu Proteus mirabilis, Streptococcus pyogenes, Escherichia coli, Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa dengan rentang KHM dan KBM antara 6,23 - 25 mg/ml.

Penyiapan dan Dosis: 15 g daun segar atau daun kering direbus dengan 1 liter air selama 10 menit dan dihabiskan dalam 1 hari. Pucuk Daun Jambu Biji 3 lembar dihaluskan sampai lembut dan ditempelkan pada bagian tubuh yang luka. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Tujuh Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2012, Halaman: 74-75). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: