Pengantar Strategi Obat Tradisional WHO 2014-2023
Tanggal Posting : Rabu, 3 Maret 2021 | 07:25
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 498 Kali
Pengantar Strategi Obat Tradisional WHO 2014-2023
Strategi Obat Tradisional WHO 2014-2023 dapat menjadi rujukan dalam pengembangan Obat Tradisional Indonesia.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Pengembangan Obat Tradisional di dunia telah mendapat perhatian dari WHO. Pada tahun 2013, WHO menerbitkan buku berjudul: WHO Traditional Medicine Strategy: 2014-2023. Mengingat pentingnya hal tersebut, JamuDigital.Com akan menerjemahkan secara serial.

Kata Pengantar. Di seluruh dunia, pengobatan tradisional (TM) adalah andalan pemberian perawatan kesehatan atau berfungsi sebagai pelengkap untuk itu. Di beberapa negara, pengobatan tradisional atau pengobatan nonkonvensional bisa disebut pengobatan komplementer (CM).

Resolusi WHA tentang Pengobatan Tradisional (WHA62.13), diadopsi pada tahun 2009, meminta Direktur Jenderal WHO untuk memperbaharui pengobatan Tradisional WHO strategi 2002-2005, berdasarkan kemajuan negara dan tantangan baru saat ini di bidang pengobatan tradisional. Strategi Pengobatan Tradisional WHO 2014-2023 dengan demikian menilai kembali dan membangun Pengobatan Tradisional WHO Strategi 2002-2005, dan menetapkan kursus untuk TM dan CM (T&CM) di dekade berikutnya.

T&CM adalah bagian perawatan kesehatan yang penting dan sering diremehkan. T&CM ditemukan di hampir setiap negara di dunia dan permintaan akan layanannya sangat meningkat tinggi. TM, dengan kualitas, keamanan, dan kemanjuran yang terbukti, berkontribusi pada tujuan untuk memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke perawatan.

Banyak negara sekarang mengakui kebutuhan untuk mengembangkan pendekatan kohesif dan integratif untuk perawatan kesehatan itu mengizinkan pemerintah, praktisi perawatan kesehatan dan, yang terpenting, itu yang menggunakan layanan perawatan kesehatan, untuk mengakses T&CM dengan cara yang aman, hormat, hemat biaya dan cara yang efektif.

Strategi global untuk mendorong integrasi yang sesuai, regulasi dan pengawasan akan berguna bagi negara-negara yang ingin mengembangkan kebijakan proaktif terhadap hal ini yang penting - dan seringkali bersemangat dan berkembang - bagian dari perawatan kesehatan.

Banyak yang berubah sejak strategi global sebelumnya diterbitkan pada tahun 2002. Lebih banyak negara secara bertahap menerima kontribusi yang dapat diberikan T&CM buat kesehatan dan kesejahteraan individu dan kelengkapan sistem perawatan kesehatan mereka.

Pemerintah dan konsumen lebih tertarik kepada obat-obatan herbal, dan sekarang mulai mempertimbangkan aspek Praktik dan praktisi T&CM dan apakah mereka harus diintegrasikan ke dalam pemberian layanan kesehatan. Untuk memenuhi permintaan baru ini, dan sebagai tanggapan Resolusi WHA62.13 tentang TM, WHO baru-baru ini memperbarui tujuan Program Pengobatan Tradisional.

Strategi Pengobatan Tradisional WHO 2014-2023 akan membantu para pemimpin perawatan kesehatan untuk mengembangkan solusi yang berkontribusi pada visi yang lebih luas dari peningkatan kesehatan dan otonomi pasien. Strategi tersebut memiliki dua tujuan utama: untuk mendukung Negara Anggota di memanfaatkan kontribusi potensial T&CM untuk kesehatan, kebugaran dan orang-orang perawatan kesehatan dan untuk mempromosikan penggunaan T&CM yang aman dan efektif melalui regulasi produk, praktik, dan praktisi.

Tujuan ini akan tercapai dengan menerapkan tiga tujuan strategis: 1) membangun pengetahuan mendasari dan merumuskan kebijakan nasional; 2) memperkuat keamanan, kualitas dan efektivitas melalui regulasi; dan, 3) mempromosikan jaminan kesehatan universal dengan mengintegrasikan layanan T&CM dan perawatan kesehatan mandiri ke dalam sistem kesehatan nasional.

Memperbarui dan meningkatkan strategi telah memungkinkan WHO menjadi lebih baik pemahaman tentang bagaimana meningkatkan integrasi global T&CM ke dalam sistem kesehatan. Harapan saya adalah bahwa ini akan memberikan peta jalan ke Negara Anggota mencapai kesuksesan lebih lanjut dalam perencanaan strategis T&CM mereka.

Saya sangat senang memperkenalkan Strategi Pengobatan Tradisional WHO 2014-2023. Ini adalah keyakinan saya bahwa ini akan menjadi alat yang berharga bagi pemerintah, sistem perencana dan praktisi kesehatan dan - yang terpenting - akan bermanfaat bagi individu mencari perawatan yang tepat, dari praktisi yang tepat, pada waktu yang tepat.

Dr Margaret Chan, Director-General.


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: