Ketahuilah Jenis Jamu Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi
Tanggal Posting : Jumat, 11 Februari 2022 | 10:49
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 270 Kali
Ketahuilah Jenis Jamu Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi
Bahan-bahan alami jamu yang sering digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Jamu untuk kolesterol tinggi dapat dikonsumsi setelah Anda mengonsultasikannya pada ahli. Dengan begitu Anda bisa lebih yakin akan keamanan efek sampingnya. Perawatan dengan nutrisi alami seperti jamu untuk kolesterol tinggi bertujuan meningkatkan kesehatan jantung melalui kontrol kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah.

Jamu adalah obat tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan seperti rimpang, daun-daunan, kulit batang, dan buah. Sebelum Anda mencoba jamu apa pun, tanyakan kepada profesional kesehatan untuk menentukan apakah itu aman untuk Anda.

Bahan-bahan dalam beberapa terapi jamu mungkin dapat mengganggu pengobatan tertentu atau memiliki efek samping yang berbahaya. Dilansir dari laman Healthline, Rabu (15/12/2021), berikut bahan-bahan alami jamu yang sering digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat:

1. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah adalah jamu untuk kolesterol tinggi. Jamu ini terbuat dari bahan alami berupa beras yang difermentasi dengan sejenis jamur bernama monascus purpureus atau ragi.

Beberapa produk beras ragi merah mengandung sejumlah besar monacolin K. Zat ini secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam obat penurun kolesterol lovastatin. Produk beras ragi merah yang mengandung zat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda.

2. Astragalus

Astragalus adalah jamu yang dipercaya dapat memengaruhi kadar kolesterol dan kesehatan jantung secara keseluruhan. Selain itu, herbal alami ini juga digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan karena astragalus memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Studi terbatas menunjukkan bahwa astragalus mungkin memiliki beberapa manfaat untuk jantung Anda. Namun, menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), uji klinis manusia masih diperlukan lebih banyak untuk mempelajari efektivitas astragalus.

3. Biji Rami

Obat alami biji rami berasal dari tanaman rami. Baik biji rami maupun minyak biji rami sama-sama mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi. Ini adalah asam lemak omega-3 yang dapat mengendalikan kadar kolestrol untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian tentang manfaat biji rami untuk kesehatan jantung memberikan hasil yang beragam, lapor NCCIH. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama untuk orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi dan wanita paskamenopause.

4. Hawthorn

Obat tradisional hawthorn adalah semak berduri yang umum dalam keluarga mawar. Selama berabad-abad, hawthorn berry telah digunakan sebagai obat herbal untuk masalah pencernaan, gagal jantung, dan tekanan darah tinggi.

Hawthorn adalah semak berduri yang umum dalam keluarga mawar yang biasa tumbuh di lereng bukit. Beberapa penelitian telah menemukan tanaman menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi gagal jantung ringan.

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah umbi yang telah digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan alami selama ribuan tahun. Bawang putih bisa dimakan mentah atau dimasak. Bahan ini juga tersedia dalam bentuk suplemen sebagai kapsul atau tablet.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis. (Sumber Berita: https://lifestyle.sindonews.com/read/629575/155/5-jamu-untuk-kolesterol-tinggi-yang-aman-dikonsumsi-1639584775?showpage=all ). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2022. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: