Kenali Manfaat Biji Semangka Untuk Gangguan Prostat
Tanggal Posting : Sabtu, 31 Juli 2021 | 13:34
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 141 Kali
Kenali Manfaat Biji Semangka Untuk Gangguan Prostat
Biji Semangka mengandung citrullin, vitamin B1, enzim urease, dan senyawa aktif kukurbositrin.

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Masalah pada kelenjar prostat telah menjadi masalah umum pada pria belakangan ini. Untungnya, masalah ini masih dapat dibantu dengan pengobatan alami, salah satunya dengan menggunakan Biji Semangka.

Semangka (Citrulli Lanati Semen) dibeberpa daerah dikenal dengan mandike, karamboja, kalambosa, kamandriki kalamboja, tamuja (Sumatera), samangka, semongka, watesan, ghulengghuleng, semongko (Jawa), mendikai, semangka, pateka, (Maluku), lamuja, karamujo, ramujo, samaka (Lampung), samaka, hamaka (Halmahera).

Semangka tanaman berupa terna dengan batang yang panjang, dapat menacapai 10 m, menjalar di atas permukaan tanah dengan sulur yang melengkung. Helaian daun tunggal, bentuk membulat, panjang 5-20 cm, lebar 3-19 cm, berambut menjangat, selalu berbagi menjari dengan 3-5 lobus pada tangkai daun yang panjang. 

Bunga jantan mempunyai panjang tangkai bunga 12-45 mm, bunga betina 10-25 mm, hijau pucat. Buah bentuk agak bulat, garis tengah 1,5-20 cm, kulit buah kehijauan, bintik-bintik hijau tua; ukuran buah untuk semangka yang dibudidayakan mencapai 30 x 60 cm. 

Agak bulat atau agak elips, kulit buah hijau atau kehijauan, terdapat pula bintik-bintik atau garis-garis yang berwarna, daging buah berwarna kuning atau hijau, sedangkan semangka yang dibudidayakan daging buah merah tua. Semangka banyak mengandung sitrulin dan agrinin. Kedua zat kimia tersebut berfungsi meningkatkan produksi urea di hati sehingga meningkatkan aliran urine. 

Semangka mengandung vitamin A, B, C, asam aminoasetat, asam malat, karoten, bromin, kalium, natrium, likopen, fruktosa, dan sukrosa. Bijinya mengandung citrullin, vitamin B1, enzim urease, dan senyawa aktif kukurbositrin. Selain itu biji semangka mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor dan besi. 

Efek farmakologi menjelaskan, ekstrak metanol Biji Semangka dosis 2 g dan 4 g/ kg BB yang diberikan secara oral pada tikus jantan galur Wistar selama 4 minggu setelah terjadi benign prostate hyperplasia (BPH) yang diinduksi menggunakan 300 pg testosteron dan 80 pg estradiol (subkutan, selama 3 minggu) memperlihatkan bahwa pemberian ekstrak tersebut dapat mengurangi ukuran prostat secara signifikan.

Penyiapan dan Dosis: Biji Semangka yang setara mengandung likopen 6 mg/hari untuk mencegah kanker prostat dan 30 mg/hari untuk membantu pengobatan kanker prostat. (Sumber: Buku “Acuan Sediaan Herbal Volume Ketujuh Edisi Pertama”, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI., Tahun 2012, Halaman: 76-77). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: