Kandungan Jahe Gajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan
Tanggal Posting : Selasa, 23 November 2021 | 10:23
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 154 Kali
Kandungan Jahe Gajah dan Manfaatnya untuk Kecantikan
Berikut ini kandungan Jahe Gajah dan manfaatnya untuk kecantikan

JamuDigital.Com- MEDIA JAMU, NOMOR SATU. Tanaman Jahe memiliki tiga jenis Jahe yang masing-masing memiliki karakteristiknya masing-masing yang khas. Jahe Merah, Jahe Emprit, dan ada juga Jahe Gajah yang memiliki ukuran besar berwarna putih. Dalam artikel berikut ini lebih spesifik membahas kandungan Jahe Gajah dan manfaatnya untuk kecantikan.

Penggunaan Jahe di Indonesia sudah berlangsung sejak lama, hingga sekarang Jahe dianggap menjadi salah satu jenis rempah-rempah dengan manfaat yang luar biasa. Aroma yang khas biasanya digunakan untuk penambah citarasa masakan, begitu juga dengan rasanya yang memberikan citarasa pedas.

Tanaman Jahe, khususnya Jahe Gajah ini memiliki kandungan minyak atsiri jahe paling sedikit diantara jenis jahe lainnya. Namun dengan kandungan yang paling rendah ini, justru manfaat Jahe Gajah lebih banyak digunakan untuk kecantikan. Apa saja kandungan dan manfaat dari Jahe Gajah ini?

Mengenal Jahe Gajah. Jahe masuk ke dalam tanaman temu-temuan sama yang dekat dengan kerabatnya seperti Kencur, Lengkuas, dan Kunyit. Secara spesifik tanaman Jahe ini memiliki nama latin Zingiber officinale Roscoe.

Ada tiga jenis Jahe yang mudah ditemukan di Indonesia, yaitu Jahe Gajah, Jahe Emprit, dan Jahe Merah. Masing-masing dengan karakternya masing-masing yang sangat khas dan mudah dibedakan.

Khusus untuk Jahe Gajah biasanya disebut dengan Jahe Putih besar, karena ukurannya paling besar dengan ruas yang menggembung. Jahe Gajah ini mempunyai sifat yang lebih ringan dibanding saudara-saudaranya, terutama Jahe Merah dengan karakter aroma yang lebih kuat.

Senyawa Alami dalam Jahe Gajah. Secara umum dari ketiga jenis jahe memiliki senyawa yang sama, namun dengan persentase yang berbeda-beda. Beberapa senyawa kandungan yang ada dalam tanaman jahe secara berupa: Air, Serat, Karbohidrat, Protein, Lemak, Mineral (kalsium, fosfor, besi), Vitamin (A, B1 (tiamin), B3 (niasin), dan C). Enzim (proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleoresin, gingerol, dan berbagai senyawa fenolik) Komponen bioaktif (curcumin, diarilheptanoid, shogarol, antioksidan).

Secara spesifik kandungan yang ada dalam Jahe Gajah memiliki persentase yang paling kecil. Hal itu ditunjukkan dengan minyak atsiri sebesar 0,82 – 1,68%. Sedangkan untuk Jahe Emprit 1,5-3,3%, dan Jahe Merah sebesar 2,58-2,72%.

Rendahnya kandungan dalam Jahe Gajah dibanding dengan jenis jahe lainnya malah dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Sedangkan Jahe Emprit lebih banyak digunakan untuk bumbu masakan, dan Jahe Merah untuk pengobatan.

Manfaat Jahe Gajah untuk Kecantikan. Apa saja manfaat dan bagaimana cara penggunaan Jahe Gajah untuk kecantikan ini? Berikut beberapa manfaat dan cara penggunaannya untuk kecantikan.

1. Merawat Kulit dari Jerawat

Kandungan anti radang (anti inflamasi) yang dimiliki Jahe Gajah ini bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Kandungan parasol yang merupakan senyawa antioksidan mampu mencegah jerawat pada kulit. Caranya cukup dengan membuat masker Jahe Gajah dengan cara diparut dan dioleskan ke wajah.

Karena kandungannya yang cukup ringan, wajah tidak akan terbakar. Anda akan merasakan sensasi hangat pada bagian wajah dan hal ini bisa juga menjadi relaksasi pada wajah.

2. Menghilangkan Bekas Luka

Dalam Jahe Gajah juga terdapat senyawa yang mampu membentuk pigmen. Senyawa ini juga akan memproduksi pigmen kulit, sehingga bagian bekas luka akan kembali terlihat normal. Caranya adalah dengan mencampurkan parutan Jahe dengan perasan jeruk, kemudian dioleskan pada bagian bekas luka.

3. Mampu Meremajakan Kulit

Penuaan dini diakibatkan karena serangan radikal bebas dan radiasi sinar ultraviolet dari matahari. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam Jahe Gajah ini mampu menangkal radikal bebas tersebut. Ada lebih dari 50 senyawa radikal bebas yang terkandung di dalam jahe gajah ini.

Anda dapat mengkonsumsi Jahe Gajah ini dengan cara menjadikannya minuman seperti wedang Jahe, teh Jahe atau susu Jahe, sebagai masker Jahe, atau sebagai bahan makanan.

Kandungan antioksidan selain menangkal radikal bebas, juga memicu regenerasi sel yang akan meremajakan kulit Anda. Ditambah lagi antioksidan dapat menahan degradasi kolagen yang membuat kulit Anda lebih kencang.

4. Mencegah Munculnya Jaringan Parut

Jaringan parut terjadi akibat menumpuknya lemak dalam kulit. Berbagai macam senyawa yang ada dalam Jahe ini, akan mengurai lemak yang menumpuk. Sehingga tidak akan ada tonjolan lemak yang menumpuk dan membentuk jaringan parut tersebut.

Aplikasi dalam untuk fungsi ini adalah dengan mengkonsumsinya menjadi minuman. Dapat juga dengan menjadikan Jahe sebagai bubuk Jahe untuk dioleskan ke bagian kulit Anda yang terdapat jaringan parut tersebut, seperti betis, paha, dan perut.

5. Memperkuat Rambut

Jahe dengan sifatnya yang panas bisa meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel pada rambut. Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga menguatkannya. Senyawa yang bekerja untuk pemanfaatan ini adalah asam amino dalam Jahe yang khas.

Cara penggunaanya adalah dengan mengoleskan Jahe yang sudah diparut ke kepala. Untuk hasil yang lebih baik, bisa dicampurkan dengan minyak kelapa. Sembari mengoleskan jahe dan minyak kelapa tersebut, pijat-pijat kepala Anda.

Pemakaian secara berkala akan membuat rambut Anda sehat, dan kuat. Pemakaian Jahe untuk rambut juga dapat menghilangkan ketombe. Dapat juga dengan menambahkan Jahe dengan Lidah buaya untuk rambut yang sehat.

Itulah kandungan Jahe Gajah yang memiliki manfaat sangat baik untuk kecantikan. Buktikan sendiri manfaat Jahe Gajah ini agar kulit lebih kencang, rambut lebih kuat, dan Anda akan tampil lebih menawan. (Sumber: https://rempahid.com/kandungan-jahe-gajah/). Redaksi JamuDigtal.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: