Kacang Kedelai Si Kecil Kaya Protein
Tanggal Posting : Senin, 23 November 2020 | 09:06
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 253 Kali
Kacang Kedelai Si Kecil Kaya Protein
Kacang kedelai memiliki nama latin Glycine max, kacang kedelai memiliki sumber kandungan protein, serat, isoflavon, dan antioksidan.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber makanan dan sumber lemak nabati yang baik untuk dikonsumsi.

Berbagai jenis kacang-kacangan yang bisa ditemui di pasar tradisional, supermarket, ataupun di warung.Salah satu jenis komoditas kacang-kacangan yang tidak asing dan banyak diminati oleh masyarakat adalah kacang kedelai.

Kacang kedelai memiliki nama latin Glycine max, sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Jenis kacang kedelai ini memiliki sumber kandungan protein, serat, isoflavon, dan antioksidan, seperti dilansir JamuDigital.Com dari Instagram Kementerian Pertanian (Kementan) RI, @kementerianpertanian.

Kandungan tersebut membuat kacang kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan protein dalam kedelai terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, seperti sakit jantung.

Selain asam amino, kacang kedelai memiliki kandungan lain yaitu isoflavon yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Mencegah Kanker
Kacang kedelai memiliki antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah suatu zat yang bersifat karsinogenik yang bisa menyebabkan kerusakan sel pada tubuh.

Radikal bebas adalah salah satu faktor pemicu adanya penyakit kanker pada tubuh manusia. Sehingga, kandungan antioksidan pada kedelai juga bisa dapat mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh.

Berita Terkait: Sayur dan Buah untuk Penderita Anemia

Berita Terkait: OMAI Diabetadex, Obat Herbal Turunkan Gula Darah


3. Mengontrol Berat Badan

Kacang kedelai memiliki kandungan kadar indeks glikemik yang rendah jika dibanding dengan kacang jenis lain. Hal tersebut membuat kedelai sangat baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang sedang diet atau menjaga berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi
Kedelai memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan juga fosfor. Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh karena berguna untuk pertumbuhan tulang.

Rutin mengkonsumsi kacang kedelai, bisa membantu meningkatkan kekuatan dan menjaga kesehatan otot serta sendi.

5. Bisa Bikin Awet Muda
Selain cocok dikonsumsi untuk menu diet dan kesehatan tubuh, kedelai juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Kandungan fitoestrogen dalam kacang kedelai mampu menghasilkan estrogen di dalam tubuh.

Zat estrogen tersebut dipercaya dapat mengurangi tanda penuaan, keriput, bintik hitam, garis halus, dan sejenisnya.

6. Mencerahkan dan Melembabkan Kulit
Kacang kedelai memiliki banyak kandungan vitamin E yang baik untuk kulit. Vitamin E berfungsi untuk mencerahkan dan melembabkan, khususnya kulit wajah.

Selain itu, kacang kedelai juga bisa digunakan untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Itulah ulasan tentang kacang kedelai yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Untuk mencapai keenam poin tersebut juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat, pola makan dan gizi seimbang, serta olahraga secara teratur. (Sumber: Infografis Instagram Kementerian Pertanian RI). Redaksi JamuDigital.Com  


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL, MEDIA JAMU NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2021. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: