Berbagai Manfaat Daun Encok
Tanggal Posting : Rabu, 11 November 2020 | 08:10
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 3653 Kali
Berbagai Manfaat Daun Encok
Daun encok berkhasiat untuk menghilangkan bengkak, menghilangkan nyeri (analgesik), rematik sendi, memar (lebam), keseleo, nyeri lambung, kurap, dan kanker darah.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Daun encok memiliki nama latin (Plumbago zeylanica L.). Daun encok tumbuh liar di ladang, di tepi saluran air, atau ditanam di pekarangan sebagai pagar hidup. Perbanyakan dengan biji atau stek.

Sifat dan Khasiat
Daun encok rasanya pahit, tonik, dan beracun. Berkhasiat untuk menghilangkan bengkak dan menghilangkan nyeri (analgesik). Akar berkhasiat untuk mengatasi rematik sendi, memar (lebam), keseleo, nyeri lambung, kurap, dan kanker darah.

Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus akar 10-15 gram/10 buah (ukuran kecil) selama lebih dari 4 jam. Untuk pemakaian luar, remas daun, letakkan pada bagian tubuh yang kena rematik, sakit pinggang, memar, kurap, kusta, skabies, sakit kepala atau letakkan di perut bagian bawah jika kencing kurang lancar. Jangan gunakan remasan daun ini lebih dari ½ jam agar tidak timbul lepuh seperti luka bakar.

Berita Terkait: Daun Sendok Kaya Manfaat

Berita Terkait: OMAI HerbaCOLD Mengandung Zat Aktif Silfamin Redakan Flu


Contoh Pemakaian
- Kencing kurang lancar: Ambil daun encok secukupnya, tambahkan adas pulosari, lalu giling halus. Gosokkan ramuan tersebut di perut bagian bawah, tepat di posisi kandung kencing. Cukup 30 menit agar tidak terjadi lepuh.

- Rematik: Siapkan segenggam daun segar, cuci, lalu tumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya sampai adonan seperti bubur. Gunakan untuk melumas dan menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

(Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 10-11). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

JAMU DIGITAL: MEDIA JAMU, NOMOR SATU

Tentang Kami

@ Copyright 2023. All Right Reserved.  www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: