Bau Badan Hilang dengan Beluntas
Tanggal Posting : Sabtu, 24 Oktober 2020 | 11:12
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 313 Kali
Bau Badan Hilang dengan Beluntas
Beluntas dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan, bau mulut, kurang nafsu makan, gangguan pencernaan anak.

JamuDigital.Com-PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Beluntas umumnya tumbuh liar di daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu, atau ditanam sebagai tanaman pagar. Tumbuhan ini memerlukan cukup cahaya matahari atau sedikit naungan. Perbanyakan dengan setek batang yang cukup tua.

Sifat dan Khasiat
Daun beluntas berbau wangi khas aromatis dan rasanya getir. Daun berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan (stomakik), membantu pencernaan, meluruhkan keringat (diaforetik), meredakan demam (antipiretik), dan menyegarkan. Akar beluntas berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk (demulcent).

Beluntas dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan, bau mulut, kurang nafsu makan, gangguan pencernaan anak, TBC kelenjar (skrofuloderma), nyeri pada rematik, nyeri tulang (osteodinia), sakit pinggang (lumbago), demam, datang haid tidak teratur, dan keputihan.

Berita Terkait: Ragam Khasiat Tanaman Adas

Berita Terkait: OMAI HerbaKOF: Obat Batuk Herbal dengan Teknologi AFT


Cara Pemakaian
Gunakan daun dan akar beluntas segar atau keringkan dulu. Untuk diminum, rebus daun atau akar 1/2 genggam (kering) atau 1 genggam (basah). Untuk pemakaian luar, lumatkan daun, lalu balurkan untuk pegal, linu, luka, skabis, kudis, dan borok.

Contoh Pemakaian

- Menghilangkan bau badan, bau mulut, kurang nafsu makan: Makan daun segar secukupnya sebagai lalap mentah atau kukus dan makan bersama nasi.

- Gangguan pencernaan pada anak: Cuci bersih daun segar, lalu digiling sampai halus. Campurkan pada bubur saring atau nasi tim. Lakukan setiap kali makan.

(Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 6-7). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: