Ragam Khasiat Tanaman Adas
Tanggal Posting : Rabu, 21 Oktober 2020 | 10:21
Liputan : Redaksi JamuDigital.Com - Dibaca : 325 Kali
Ragam Khasiat Tanaman Adas
Daun adas berkhasiat mengobati batuk, perut kembung, kolik, rasa haus, dan memperbaiki penglihatan.

JamuDigital.Com- PIONER MEDIA ONLINE & MARKETPLACE JAMU INDONESIA. Di Indonesia adas telah diusahakan sebagai tanaman bumbu atau tanaman obat. Adas menghasilkan minyak yang digunakan dalam industri obat-obatan.

Adas juga dipakai untuk bumbu, atau digunakan sebagai bahan yang memperbaiki rasa (corrigentia saporis) dan mengharumkan ramuan obat. Biasanya adas digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari. Daunnya biasa dimakan sebagai sayuran. Adas diperbanyak dengan biji atau dengan memisahkan anak tanaman.

Sifat dan khasiat
Buah yang telah masak dikumpulkan, lalu dijemur sampai kering. Buah adas masak berbau aromatik, rasa sedikit manis, pedas, dan hangat. Buah bermanfaat untuk mengatasi sakit perut (mulas), perut kembung, rasa penuh di lambung, mual, muntah, diare, sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan, batuk berdahak, sesak napas (asma), nyeri haid, haid tidak teratur, air susu ibu (ASI) sedikit, putih telur dalam kencing (proteinuria).

Adas juga dapat mengobati susah tidur (insomnia), buah pelir turun (orchidoptosis), usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis), pembengkakan saluran sperma (epididimis), penimbunan cairan di dalam kantung buah zakar (hidrokel testis), mengurangi sakit akibat batu dan membantu menghancurkannya, rematik gout, serta keracunan tumbuhan obat dan jamur.

Daun adas berkhasiat mengobati batuk, perut kembung, kolik, rasa haus, dan memperbaiki penglihatan.

Berita Terkait: Manfaat Temu Putih untuk Kesehatan

Berita Terkait: OMAI HerbaCOLD, Obat Herbal Flu Pilihan Era New Normal


Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, rebus buah adas 3-9 gram/1 sendok makan (sdm) atau giling halus buah adas, lalu seduh dengan air mendidih dan minum sewaktu hangat. Bisa juga rebus daunnya atau makan sebagai sayuran.

Untuk pemakaian luar, giling halus buah kering, lalu gunakan untuk pemakaian lokal pada sariawan, sakit gigi, sakit telinga, dan luka. Minyak adas juga dapat digunakan untuk menggosok tubuh anak yang masuk angin.

Contoh Pemakaian:

- Batuk: Siapkan serbuk buah adas 5 gram/1 sendok teh (sdt), seduh dengan ½ cangkir air mendidih. Setelah dingin, saring dan tambahkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari, sampai sembuh.

- Sesak napas: Ambil minyak adas (10 tetes), seduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari, sampai sembuh.

- Sariawan: Siapkan adas ¾ sendok teh, ketumbar ¾ sendok teh, daun iler 1/5 genggam, daun saga ¼ genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun sembung ¼ genggam, pegagan ¼ genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari ¾ jari, rimpang lempuyang wangi ½ jari, rimpang kunyit ½ jari, kayu manis ¾ jari, dan gula merah 3 jari.

Cuci dan potong-potong seperlunya, lalu rebus bahan-bahan tadi dengan 4 ½ gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring, siap untuk diminum. Sehari 3 kali, setiap kali cukup ¾ gelas.

- Haid tidak teratur: Siapkan daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jinten hitam ¾ sendok teh, adas ½ sendok teh, pulosari ½ jari, bunga kesumba keling 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, dan gula batu sebesar telur ayam.

Cuci dan potong-potong seperlunya, lalu rebus bahan-bahan tadi dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2¼ gelas. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.

- Keracunan tumbuhan obat atau jamur:
Siapkan serbuk adas (5 gram/1 sdt), lalu seduh dengan setengah cangkir arak. Minum selagi hangat.

- Batu empedu: Siapkan serbuk buah adas (5 gram/1 sdt), lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum setelah dingin. Lakukan setiap hari.

(Sumber: Dikutip dari Buku Ayo Mengenal Tanaman Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian - Jakarta: IAARD Press, 2012, Halaman 1-2). Redaksi JamuDigital.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait

Copyright 2020. All Right Reserved. @ www.jamudigital.com

  Link Media Sosial Jamu Digital: